Obsessive Corbuzier’s sebuah Diet Shaolin ala Deddy Corbuzier

Sering melihat serial talkshow hitam putih yang di pandu oleh Deddy Corbuzier? Apakah akhir-akhir ini melihat perubahan fisik pada Deddy? Bila iya, berarti Anda sama dengan saya dan inilah yang mendorong saya untuk mencari tahu rahasia dibalik transformasi Deddy Corbuzier.

Pencarian saya akhirnya berlabuh pada sebuah website, pada web tersebut berisikan penjelasan mengenai diet Deddy Corbuzier yang dinamakan Obsessive Corbuzier’s Diet. Terlepas dari web tersebut benar berasal dari Deddy Corbuzier atau hanya sekedar “meminjam” nama besar beliau, teknik diet dan pemaparan yang tertulis di web tersebut menarik untuk di bahas lebih lanjut. Ada beberapa penyataan dari Obsessive Corbuzier’s Diet yang kelak mengundang kontroversi di kalangan fitness mania dan penggila diet.

Apa Itu Obsessive Corbuzier’s Diet

Obsessive Corbuzier’s Diet di klaim merupakan diet para murid shaolin, dimana metode diet ini di fokuskan pada pola puasa (membatasi waktu makan) dan menghindari sarapan pagi. Pola puasa yang digunakan bukan seperti pola puasa muslim, pada pola puasa muslim tubuh tidak mengkonsumsi makanan dan minuman mulai fajar sampai terbenamnya matahari (di Indonesia berarti menahan lapar dan dahaga selama 13 jam) sedangkan pada Obsessive Corbuzier’s Diet waktu puasanya adalah 16 jam, 18 jam,  20 jam bahkan 24 jam. Pada puasa Obsessive Corbuzier’s Diet, pelaku diet masih diperbolehkan mengkonsumsi minuman dengan syarat 0 kalori.

Yang menarik pada Obsessive Corbuzier’s Diet, tidak ada pantangan apapun dalam mengkonsumsi makanan di waktu makan sehingga Obsessive Corbuzier’s Diet cocok bagi pelaku diet yang tidak dapat menghindari gorengan, santan dan makanan junk food lainnya.

Sebagai ilustrasi

Untuk puasa 16 jam: waktu makan adalah 8 jam pada jam 12 Siang maka diet dimulai dari dari jam 8 malam sampai dengan jaman 12 siang dan harus tanpa makan pagi.

Untuk puasa 18 jam: waktu makan 6 jam pada jam 12 maka diet dimulai dari jam 6 sore sampai dengan jam 12 siang tanpa makan pagi.

Ilustrasi diatas menggunakan ketentuan waktu makan dimulai jam 12. Pada kenyataannya, waktu makan dimulai minimal 3 jam setelah bangun tidur. Sehingga dengan asumsi bangun tidur jam 5 pagi maka bisa jadi waktu makan dimulai jam 9 atau jam 10 pagi.

Apa yang menarik dari Obsessive Corbuzier’s Diet ini?

  1. Waktu puasa yang berkala diawali 16 jam, 18 jam,  20 jam sampai dengan 24 jam.

Mengapa ini berhasil? Dengan puasa berarti memaksa tubuh dalam keadaan rendah insulin, artinya tubuh menggunakan energi dari lemak untuk menjamin kelangsungan hidup bukan dari energi gula.

Mengapa ini gagal? Saat puasa pada bulan ramadhan berlangsung, justru yang terjadi kenaikan berat badan bagi pelaku puasa. Hal ini disebabkan aksi balas dendam saat berbuka (waktu makan) sehingga banyak kalori yang masuk ditambahi kualitas makanan yang buruk seperti makanan yang digoreng, bersantan dan terlalu banyak gula. Sehingga yang menjadi fokus adalah memperbaiki kualitas makan terlebih dahulu baru berpuasa bukan sebaliknya.

  1. Menghindari sarapan pagi

Pro: Obsessive Corbuzier’s Diet mengklaim bahwa tidak sarapan pagi lebih baik dari pada tidak makan malam karena sarapan pagi bukan kegiatan alami manusia. Sebagai ilustrasi, bahwa anak-anak secara alami menghindari sarapan pagi dan justru anak-anak yang teratur sarapan pagi karena paksaan dari orang tua mereka. Klaim Obsessive Corbuzier’s Diet didasarkan pada penelitian Doktor Javier “Dalam rangka untuk menurunkan lemak tubuh kita perlu menggunakan lebih banyak lemak untuk energi… meningkatkan jumlah total energi yang kita habiskan, dan proporsi yang lebih besar dari energi ini berasal dari pembakaran lemak yang ada jika latihan dilakukan setelah puasa semalam tanpa sarapan. “

Kontra: salah satu penelitian manfaat sarapan pagi untuk anak disimpulkan bahwa anak yang melakukan sarapan pagi memiliki daya konsentrasi saat belajar dan beraktivitas, mendapatkan energi yang lebih saat bermain, terlihat aktif saat melakukan aktivitas, mampu melakukan segala hal dengan baik dan benar, terlihat ceria saat berada di sekolah, tidak mudah mengantuk dan lemas. (waryono, 2010, h7)

  1. Dapat memakan apa aja di “waktu makan”.

Mengapa ini berhasil? pada saat “waktu makan “ Obsessive Corbuzier’s Diet tidak membatasi kualitas makanan termasuk tidak membatasi kalori yang masuk. Asal jangan mendadak menjadi rakus dan gila memakan semuanya.

Mengapa ini gagal? Perlu diperhatikan adalah rumus kalori masuk harus lebih kecil dari kalori yang keluar, kalori yang berlebihan di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak. Sebagai contoh aksi balas dendam saat berbuka puasa menjadi penyebab kenaikan berat badan saat bulan ramadhan belum lagi ditambah aksi balas dendam saat lebaran.

Rekomendasi:

Membatasi waktu makan dan mengurangi porsi makan pada kenyataanya merupakan tindakan pertama yang dilakukan oleh seorang awam yang mengalami kenaikan berat badan dan obesitas dan juga rekomendasi utama yang diberikan kepada seseorang yang memiliki timbunan lemak di perut. Hal ini menjadikan Obsessive Corbuzier’s bukan hal baru. Seperti metode diet lain, atkins diet, zona diet, south beach diet dll Metode Obsessive Corbuzier’s dengan metode ekstrim puasa 24 jam bisa dijadikan sebuah pilihan mengingat satu metode diet belum tentu cocok dengan semua orang.

Namun yang harus diperhatikan:

  1. Saat melakukan Obsessive Corbuzier’s, Deddy Corbuzier bukan seorang pemula. Beliau telah melakukan aktifitas latihan beban dan metode diet lainnya. Hal ini memungkinkan Obsessive Corbuzier’s lebih berhasil pada beliau.
  2. Sebelum memutuskan mengikuti Obsessive Corbuzier’s ada baiknya meminta saran ahli gizi.

Update….

Karena banyak yang meminta reviewnya maka saya berusaha untuk diet OCD,

Silahkan di cek  http://oerdha.wordpress.com/2013/08/10/tantangan-obssesive-corbuziers-diet/

About these ads

216 thoughts on “Obsessive Corbuzier’s sebuah Diet Shaolin ala Deddy Corbuzier

    • Hai dunia… pertanyaan menarik nih…
      1. OCD awalnya merupakan singkatan dari obsessive compulsive disorder yang tak perlu saya jelaskan pengertian penyakit ini. Lalu apakah salah bila bung deddy menggunakan singkatan OCD untuk dietnya? Tentu sah-sah saja… sebagai contoh di indonesia singkatan dari BTN bisa berarti Bank Tabungan Negara atau Balai Taman Nasional.. so gak masalah bagi kita membedakan OCD dengan maksud diet atau penyakit…
      2. Apakah Deddy menderita ini? Saya tidak tahu dan tidak mau tahu…. lagian jangankan Deddy, berdasarkan info yang saya dapatkan setiap orang cenderung memiliki potensi OCD dengan skala berbeda-beda… Anda dan saya pun terkadang melakukan OCD tanpa sadar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s