Obsessive Corbuzier’s sebuah Diet Shaolin ala Deddy Corbuzier

Sering melihat serial talkshow hitam putih yang di pandu oleh Deddy Corbuzier? Apakah akhir-akhir ini melihat perubahan fisik pada Deddy? Bila iya, berarti Anda sama dengan saya dan inilah yang mendorong saya untuk mencari tahu rahasia dibalik transformasi Deddy Corbuzier.

Pencarian saya akhirnya berlabuh pada sebuah website, pada web tersebut berisikan penjelasan mengenai diet Deddy Corbuzier yang dinamakan Obsessive Corbuzier’s Diet. Terlepas dari web tersebut benar berasal dari Deddy Corbuzier atau hanya sekedar “meminjam” nama besar beliau, teknik diet dan pemaparan yang tertulis di web tersebut menarik untuk di bahas lebih lanjut. Ada beberapa penyataan dari Obsessive Corbuzier’s Diet yang kelak mengundang kontroversi di kalangan fitness mania dan penggila diet.

Apa Itu Obsessive Corbuzier’s Diet

Obsessive Corbuzier’s Diet di klaim merupakan diet para murid shaolin, dimana metode diet ini di fokuskan pada pola puasa (membatasi waktu makan) dan menghindari sarapan pagi. Pola puasa yang digunakan bukan seperti pola puasa muslim, pada pola puasa muslim tubuh tidak mengkonsumsi makanan dan minuman mulai fajar sampai terbenamnya matahari (di Indonesia berarti menahan lapar dan dahaga selama 13 jam) sedangkan pada Obsessive Corbuzier’s Diet waktu puasanya adalah 16 jam, 18 jam,  20 jam bahkan 24 jam. Pada puasa Obsessive Corbuzier’s Diet, pelaku diet masih diperbolehkan mengkonsumsi minuman dengan syarat 0 kalori.

Yang menarik pada Obsessive Corbuzier’s Diet, tidak ada pantangan apapun dalam mengkonsumsi makanan di waktu makan sehingga Obsessive Corbuzier’s Diet cocok bagi pelaku diet yang tidak dapat menghindari gorengan, santan dan makanan junk food lainnya.

Sebagai ilustrasi

Untuk puasa 16 jam: waktu makan adalah 8 jam pada jam 12 Siang maka diet dimulai dari dari jam 8 malam sampai dengan jaman 12 siang dan harus tanpa makan pagi.

Untuk puasa 18 jam: waktu makan 6 jam pada jam 12 maka diet dimulai dari jam 6 sore sampai dengan jam 12 siang tanpa makan pagi.

Ilustrasi diatas menggunakan ketentuan waktu makan dimulai jam 12. Pada kenyataannya, waktu makan dimulai minimal 3 jam setelah bangun tidur. Sehingga dengan asumsi bangun tidur jam 5 pagi maka bisa jadi waktu makan dimulai jam 9 atau jam 10 pagi.

Apa yang menarik dari Obsessive Corbuzier’s Diet ini?

  1. Waktu puasa yang berkala diawali 16 jam, 18 jam,  20 jam sampai dengan 24 jam.

Mengapa ini berhasil? Dengan puasa berarti memaksa tubuh dalam keadaan rendah insulin, artinya tubuh menggunakan energi dari lemak untuk menjamin kelangsungan hidup bukan dari energi gula.

Mengapa ini gagal? Saat puasa pada bulan ramadhan berlangsung, justru yang terjadi kenaikan berat badan bagi pelaku puasa. Hal ini disebabkan aksi balas dendam saat berbuka (waktu makan) sehingga banyak kalori yang masuk ditambahi kualitas makanan yang buruk seperti makanan yang digoreng, bersantan dan terlalu banyak gula. Sehingga yang menjadi fokus adalah memperbaiki kualitas makan terlebih dahulu baru berpuasa bukan sebaliknya.

  1. Menghindari sarapan pagi

Pro: Obsessive Corbuzier’s Diet mengklaim bahwa tidak sarapan pagi lebih baik dari pada tidak makan malam karena sarapan pagi bukan kegiatan alami manusia. Sebagai ilustrasi, bahwa anak-anak secara alami menghindari sarapan pagi dan justru anak-anak yang teratur sarapan pagi karena paksaan dari orang tua mereka. Klaim Obsessive Corbuzier’s Diet didasarkan pada penelitian Doktor Javier “Dalam rangka untuk menurunkan lemak tubuh kita perlu menggunakan lebih banyak lemak untuk energi… meningkatkan jumlah total energi yang kita habiskan, dan proporsi yang lebih besar dari energi ini berasal dari pembakaran lemak yang ada jika latihan dilakukan setelah puasa semalam tanpa sarapan. “

Kontra: salah satu penelitian manfaat sarapan pagi untuk anak disimpulkan bahwa anak yang melakukan sarapan pagi memiliki daya konsentrasi saat belajar dan beraktivitas, mendapatkan energi yang lebih saat bermain, terlihat aktif saat melakukan aktivitas, mampu melakukan segala hal dengan baik dan benar, terlihat ceria saat berada di sekolah, tidak mudah mengantuk dan lemas. (waryono, 2010, h7)

  1. Dapat memakan apa aja di “waktu makan”.

Mengapa ini berhasil? pada saat “waktu makan “ Obsessive Corbuzier’s Diet tidak membatasi kualitas makanan termasuk tidak membatasi kalori yang masuk. Asal jangan mendadak menjadi rakus dan gila memakan semuanya.

Mengapa ini gagal? Perlu diperhatikan adalah rumus kalori masuk harus lebih kecil dari kalori yang keluar, kalori yang berlebihan di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak. Sebagai contoh aksi balas dendam saat berbuka puasa menjadi penyebab kenaikan berat badan saat bulan ramadhan belum lagi ditambah aksi balas dendam saat lebaran.

Rekomendasi:

Membatasi waktu makan dan mengurangi porsi makan pada kenyataanya merupakan tindakan pertama yang dilakukan oleh seorang awam yang mengalami kenaikan berat badan dan obesitas dan juga rekomendasi utama yang diberikan kepada seseorang yang memiliki timbunan lemak di perut. Hal ini menjadikan Obsessive Corbuzier’s bukan hal baru. Seperti metode diet lain, atkins diet, zona diet, south beach diet dll Metode Obsessive Corbuzier’s dengan metode ekstrim puasa 24 jam bisa dijadikan sebuah pilihan mengingat satu metode diet belum tentu cocok dengan semua orang.

Namun yang harus diperhatikan:

  1. Saat melakukan Obsessive Corbuzier’s, Deddy Corbuzier bukan seorang pemula. Beliau telah melakukan aktifitas latihan beban dan metode diet lainnya. Hal ini memungkinkan Obsessive Corbuzier’s lebih berhasil pada beliau.
  2. Sebelum memutuskan mengikuti Obsessive Corbuzier’s ada baiknya meminta saran ahli gizi.

Update….

Karena banyak yang meminta reviewnya maka saya berusaha untuk diet OCD,

Silahkan di cek  http://oerdha.wordpress.com/2013/08/10/tantangan-obssesive-corbuziers-diet/

About these ads

219 thoughts on “Obsessive Corbuzier’s sebuah Diet Shaolin ala Deddy Corbuzier

  1. Sebelum ada OCD sy sudah melakukan pola makan spt itu..Sy bekerja di depan komputer lebih dari 9 jam setiap harinya. Pekerjaan yg dilakukan dlm keadaan duduk menghasilkan hormon yang menyebabkan kegemukan. Selain itu, sy memiliki keturunan genetik yang memudahkan sy lebih cepat gemuk. Awal pekerjaan, sy sempat naik 10 kg. Akhirnya sy mengkoreksi pola makan sy. Ktika sarapan pagi sy cenderung lebih banyak ngemil. Tapi bila tidak sarapan pagi sy cukup makan siang tanpa merasa lapar lagi. Ternyata pola tersebut cukup membantu sy tidak mengalami kenaikan badan lg meskipun sy tidak ada penurunan BB secara drastis jg. Ketika sarapan pagi lidah sudah mengenal rasa glukosa, sehingga cenderung lebih cepat merasa lapar. Sedangkan pengaruh konsentrasi bekerja baik sarapan pagi atau tidak sarapan pagi tidak ada perbedaan. Dari segi emosional, pekerjaan di depan komputer cenderung menyebabkan kepala cepat sakit dan lebih cepat marah atau lesu. Justru dgn pembatasan makan, hanya cukup makan siang rupanya merupakan cara efektif mengendalikan segi emosional. Demikian sharing pengalaman sy, tnyt OCD tak jauh beda dr pola hidup sy, dan cukup bermanfaat. Akan tetapi tetap semua tergantung dr latar belakang aktivitas karna tidak semua pola makan cocok untuk masing-masing individu. Terimakasih.

    • Hai.. Rahma.
      Terima kasih telah berbagi pengalamanmu.

      Seperti yang telah diceritakan oleh Rahma, bahwa metode diet OCD bukan hal baru dan Rahma telah melakukan pola makan tersebut. Bila rekan-rekan pelaku diet dan penggila fitnes membaca artikel ini, ingin berbagi komentar mengenai pengalaman pribadinya yang justru bertentangan dengan OCD. Silahkan tinggalkan jejak disini.
      Mari berbargi pengalaman.

      • bener banget kata mba rahma, barusan aja hari ini saya mencoba untuk tidak sarapan pagi karena kemarin ketika saya mencoba sarapan pagi (saya sempat mendengar bahwa sarapan pagi cukup baik untuk yang ingin berdiet), sekitar jam 9-10 saya malah merasa ingin ngemil, kemudian jam 12 saya makan siang lalu sekitar jam 3-4 saya merasa ingin ngemil lagi, lalu setelah itu sekitar jam7an saya merasa lapar lagi. namun ketika pagi hari saya tidak sarapan, saya hanya makan di siang dan sore hari saja. Mungkin memang benar ini berkaitan dengan kebiasaan seseorang dan saya pikir memang kebanyakan orang-orang makan pada waktu jam 12 siang- 6 sore. sepertinya saya akan mencoba untuk ber-OCD :D

      • Di coba aja mba Wati, tidak ada salahnya.
        Ini kan salah satu metode diet. Kalo cocok, dilanjutkan aja.
        Tapi hati-hati saat jendela makan loh, jangan tiba-tiba menjadi rakus…

        Ditunggu update-nya ya mb Wati

    • Iya, ini aku udah beberapa hari ngejalanin Diet OCD. Badan sih rasanya agak entengan terus baju rada longgar dikit. Maklum lah ya belum ada seminggu. Hari pertama aku ngejalanin jendela 6jam. Sekarang udah 4jam. Aku niat ngejalaninnya karena menurut pengalamanku, kalau aku sarapan on time mesti badan cepet besarnya apalagi kerjaan ku duduk terus.

  2. Ping-balik: Tantangan Obssesive Corbuzier’s Diet | oerdha

    • Silahkan dicoba dulu bro Isramadi, tapi sebelum mencoba. Tunggu review saya di hari senin tanggal 19 Agustus, karena sekarang pun saya lagi uji coba OCD. Siapa tahu dari pegalaman saya, bro Isramadi bisa ambil sebuah pelajaran.
      Thanks

  3. Saya sudah 1 minggu 5 hari ini ikutan OCD (puasa 16 dan 20 jam kadang), dan udah turun 2 kg (dari 53 ke 51) 3 hari pertama rakus sih waktu buka puasa mungkin karena ga biasa puasa lol, tapi lama kelamaan terbiasa juga.. makan secukupnya gitu udah cukup sampe besok siangnya lagi. Tp perlu diingat, kalo ikutan OCD, yang konstan, jangan bolong2, karena temen saya bolong2 gitu jadinya ga ngefek (dalam arti ga turun dan ga naik). Sekian aja info dari saya :) Good luck everyone!

  4. Kalo berat badan turun ,masih masuk akal,tp kalo cara diatas bisaa buat dia jd berotot dalam 2-3 bln itu tdk msk akal,kemungkinan (saya katakan kemungkinan karna perlu ditelusuri lbh lanjut)beliau menambahkan hormon hgh,itu lbh masuk akal,namun terlalu cepat menyimpulkan mr deddy berhasil,kita perlu liat 6bln-1 thn kedepan apa yg terjadi dgn badannya

    • Hai tjiwei..
      terima kasih sudah berpartisipasi.
      Bila membaca e-book OCD, maka ada beberapa kalimat yang tersirat bahwa Deddy Corbuzier melakukan sebuah latihan beban yang diadaptasi dari latihan shaolin sebagai pelengkap dari diet OCD. Nah, sampai balasan komentar ini saya tulis. Info mengenai latihan tersebut memang belum dipublikasikan oleh Deddy Corbuzier.
      Kalo untuk ukuran berhasil atau tidak, rasanya persepsi semua pembaca harus disamakan terlebih dahulu -_-. Beberapa email yang masuk ke Oerdha@gmail.com menanyakan perihal mengenai tolak ukur keberhasilan OCD dan selalu saja persepsinya berbeda.
      Mungkin rekan-rekan pembaca ada yang bisa membantu? tolak ukur keberhasilan metode ini?

    • Hai lovely.
      Yang turun 3 kg itu lemak atau otot? kalo lemak berarti Anda berhasil sedangkan kalo otot ehm…. jadi kurus tak sehat dong.
      Coba cek body fat-mu.

      Apapun itu semoga berhasil.

    • Penderita diabetes seingat saya ada tingkatanya ya (mohon koreksi).
      Nah ada beberapa email yang masuk dan berbagi pengalaman. salah satunya penderita diabetes awal (ringan). Beliau bisa.

      Tapi tunggu saya melakukan riset dulu ya mb Astiti.. nanti saya kirimkan via email hasil penelitian sederhana saya.

  5. HR INI gw baru tau tentang ocd,telaat nget ya xixixi..tp gw pgin bnget mencoba tips alah deddy,bb gw hr ini 65 kg dgn tinggi 156,….kita liat ya,7 hr kdpn.berhasilato ngak…see u thx ya ocd…

    • sering banget hampir setiap hari saya nonton hitam putih, ya blakangan aku liat bdannya deddy brubah, yg lalu2 kn dia sering pkai kemeja panjang, skrang pakai tanpa lengan kliatan bgt bntuk tubuhnya yg brubah drastis,,

    • hari ini gw berhasil menjalankan ocd dgn puasa 18 jam,makan carbo trkhr td mlm jam 9 mlm,dan kemudian gw makan siang td jam 2;30.berarti 18 jam lbh.dan gw berencana lg tuk 1 minggu ini puasa 18 jam smogaaaaa hehehe..hr ini sich masih baik2 aj gak ad keluhan…..thkz bngt

  6. awalnya saya udah coba sedikit sama dengan metode ini, saya berpuasa dari jam 6 pagi ke jam 6 sore. emang sih gak masuk dalam salah satu metode itu, tapi lumayan juga berubahnya, kedepan saya gak bakal coba untuk 16, 18 ,atau 20 jam, dan dari malam sampai siang/sore, jadi tetap bisa enjoy makan di waktu istirahat siang.. hehe.. godaan lenih dikit.. wkwk

  7. aku tertarik jalanin OCD karna tadi nonton hitam putih, tpi ada yg mau aku tanyain, wktu jam diet itu kn katanya boleh minum yg 0 kalorinya, itu contohnya air putih? atau ada yg lain? trus bagusnya untuk pemula kyak aku gini diet yg brpa jam?

    • Halo Helen,
      Singkatnya selama puasa, hanya boleh mengkonsumsi 0.5kalor alias minum air dan permen saja (berdasarkan ebook) nah kalo minum susu atau buah? Ingat yang penting tidak lebih dari 0.5 kal, kalo buah dan susu itu kalorinya udah lebih kan.

      Helen udah pernah coba diet apa aja? saran saya kalo belum pernah.. coba makan paling malam jam 9 lalu tes bisa berpuasa sampai jam 10 atau bila mampu ya sampai jam 12. Bila makan siang di jam 10 maka helen berpuasa 13 jam sedangkan bila makan siang jam 12 maka helen berpuasa 15 Jam. Nah dari pengalaman tersebut bisa dijadikan patokan helen.

      Semoga sukses.

      • aku pernah diet tanpa makan nasi, jadi seharian cuma makan sayur2an aja, tapi ga bertahan lama, oy trus diet itu kn bagusnya di sertai olahraga teratur ya? aku pernah coba stiap pagi jam 5, ak lompat tali, aku jalan cepat bolak balik di gang rumah,, itu efektif ga kira2? atau bsa bntu ksih solusi yg lebih baik gtu, mungkin hrus ada hitungan menitnya atau gimana?

        satu lagi aku juga mau tanya, orang di sekitar aku sring komentar kalo perut aku gendut,kira2 cara yg tepat buat kecilin prut hrus seperti apa?

  8. Hai sebulumnya slam kenal :)
    Sbnrnya pengen ngelakuin OCD tpi msih ragu krna tkut Magh aku tmbah parah …..????
    Bisa di jelskan gak diet OCD yg baik untk saya ….. Hrus brpa jam 16,18,20 atau 24 jam …….?????
    BB saya hmpir 95 kg …..
    Saya umur 25 dan blum menikah…….
    Mohon dibantu :)

    Terima kasih sebelumnya ………..

    • Hai Taeny..
      Belum punya pengalaman puasa ya? kalo belum maka langkah awal adalah menyiapkan obat maag, konsumsinya di awal puasa dengan jam buka.

      Taeny udah pernah coba diet apa aja? saran saya kalo belum pernah.. coba makan paling malam jam 9 lalu tes bisa berpuasa sampai jam 10 atau bila mampu ya sampai jam 12. Bila makan siang di jam 10 maka taeny berpuasa 13 jam sedangkan bila makan siang jam 12 maka taeny berpuasa 15 Jam. Nah dari pengalaman tersebut bisa dijadikan patokan taeny puasa selanjutnya.

      BB 95? pasti bisa turun kok asal konsisten. Semoga berhasil.

      • Terima kasih sebelumnya :)
        Saya akan coba Mas :)
        Sebisa saya …trus terang sya hanya ingin badan saya sehat dan menurut saya BB saya tdk trmsuk sehat ..
        Maka dri itu saya mau coba jalani OCD :) …..

  9. Saya pernah menjalankan metode ini sebelumnya dengan tanpa sengaja, karena tuntutan pekerjaan yang padat saya bahkan tidak sempat untuk sarapan pagi, saya mulai makan sekitar jam 11 dan terakhir setelah pulang kerja sekitar jam 7 malam, tanpa sadar setelah berjalan sekitar satu bulan lebih berat saya turun 9 kg, dari 85 kg ke 76.(tanpa olahraga berat, hanya jalan kaki sekitar 30 menit sehari)
    saya akan terus melanjutkan diet ini, target berat badan ideal saya sekitar 48 atau 50 kg, semoga lancar.

  10. Program OCD ini hanya utk nurunin berat badan atau apa juga bisa mmbentuk otot?? Karena saya sendiri udah dapat berat ideal, jd pgen ngebentuk otot kyk om dedy..

    • Hai Fadel,,,
      Diet adalah pengaturan makanan, artinya bisa digunakan untuk menurunkan kandungan lemak atau menambah kalori berkualitas.
      Kenapa saya sebut kalori berkualitas, dalam konsep lama adalah menambah kalori sebanyak 2000 bahkan 3000 kalori dengan makan sembarang dan disebut dengan bulking (biasanya para atlet) sedangkan konsep sekarang disebut dengan lean bulk yaitu menambah kalori dari makanan sehat sehingga kalori yang dimasukan juga tidak sebanyak saat makan sembarang (biasanya fitness mania). oke ini prinsipnya.
      Lalu bagaimana dengan OCD? secara tidak langsung OCD sudah memaksa pelakunya untuk menjaga asupan kalorinya dalam kadar tertentu. nah untuk menambah otot ya tidak lain dengan latihan beban.
      Bila menggunakan konsep Deddy maka latihan bebannya menggunkan beban terberat namun dengan waktu yang singkat. Deddy mengklaim hanya berlatih dalam waktu 15 menit saja bahkan kurang. sedangkan saya, karena berada di Industri Fitness lebih nyaman menggunakan pola latihan DTP. Bedanya? ada… Otot yang dilatih Deddy adalah otot besar sedangakan DTP melatih otot kecil dan besar sekaligus.
      Kesimpulannya… OCD bisa dipake untuk menambah massa otot.

  11. salam kenal,, mo tanya nie, jadi, waktu setelah “berbuka” sampai dengan menuju waktu makan terakhir, apa aja yang boleh dimakan? ngemil juga gakpapa? ato gimana? makasie ya

    • Hai Duzzy semoga gak dut lagi…
      Dalam ebook versi 2, Deddy memperbolehkan makan apa saja di kala jendela makan namun di beri batasan tidak boleh rakus. Sedangkan versi ke 3, Deddy lebih suka mengkombinasikan keduanya yaitu kadang makan sehat kadang makan sembarang (ingat Deddy sudah punya pengalaman diet sebelumnya). Nah, bagaimana dengan Duzzy? kalo sudah punya pengalaman dengan makanan sehat ya sebaiknya tetap mengkonsumsi makanan sehat. Bila tidak? ya sesuai aturan awal asal jangan rakus aja.
      Pilihannya di Duzzy aja.

    • Hai desy.
      ehm,,, agak susah kalo jawab yang beginian.
      Prinsip untuk fat loss yaitu konsisten, Diet dan tambah otot.
      Prinsip Deddy yaitu mental yang kuat (ingat Deddy adalah mentalis), Diet OCD dan Latihan beban ala shaolin.

      Nah yang dilakukan Desy seperti apa nantinya? Sharing ya mb Desy.

    • Selamat atas kelahiran buah hatinya ya mb Enok.

      Adakah pantangan yang disarankan oleh Dokter? Punya pengalaman puasa sebelumnya? perlu diketahui, saat berpuasa maka produksi ASI kurang bisa dimaksimalkan. Kalo saran saya sebaiknya pake diet konvensional dulu aja seperti diet makan sering (5-7x) atau south beach diet baru kalo sudah siap pindah ke OCD.

      Teman-teman ada yang berprofesi dokter kah? bisa bantu untuk menjawab pertanyaan mbak enok.

      • barusan nonton dibukan Empat Mata Trans 7, ada pembahasan ttg OCD, ada kalimat deddy yg mungkin bisa membantu mba enok, yaitu perbanyak minum air putih. karena dengan memperbanyak konsumsi air putih akan membantu produksi ASI.
        CMIIW

      • Kalo saya pribadi lebih menyarankan untuk ibu menyusui tidak melakukan OCD. Beberapa sharing dari rekan-rekan oerdha terutama ibu menyusui justru menceritakan produksi ASI yang menurun dan efek lemas yang berlebihan.
        Sebaiknya tetap dikonsultasikan dengan ahli gizi terlebih dahulu.

    • Hai Karmila,
      Ini tantangannya buat Anda
      Minggu pertama: Puasa selama 16 jam
      Minggu kedua: Puasa selama 18 jam.
      Minggu ketiga: Puasa selama 20 jam.
      Minggu Ke-empat: Puasa selama 20 jam tapi diselingin satu kali puasa 24 jam.
      Selanjut sampai minggu ke-dua belas puasanya di campur antara puasa 18 jam, 20 jam dan 24 jam.

      Di minggu ketiga sampai ke-12 mulailah berlatih beban (fitness) jangan khawatir bila berotot karena hal itu tidak akan terjadi bagi wanita (hei kaum hawa hanya memiliki testoteron sedikit) yang ada semakin tinggi intensitas berlatih Karmila semakin sexy hasil yang didapatkan.
      Setelah hari ke 91, Karmila harus pamer hasilnya loh.

  12. Iya, ini aku udah beberapa hari ngejalanin Diet OCD. Badan sih rasanya agak entengan terus baju rada longgar dikit. Maklum lah ya belum ada seminggu. Hari pertama aku ngejalanin jendela 6jam. Sekarang udah 4jam. Aku niat ngejalaninnya karena menurut pengalamanku, kalau aku sarapan on time mesti badan cepet besarnya apalagi kerjaan ku duduk terus.

  13. Sebetul nya diet OCD itu sudah sering saya lakukan seperti bulan ramadhan kemarin saya sering puasa tanpa sahur, dan terakhir makan misal nya setelah shalat tarawih jam 9 malam. kemudian tanpa sahur saya berpuasa dan berbuka pada jam 6 sore berarti saya sudah tidak makan sekitar 21 jam. lumayan sih bisa turun beberapa kilo tapi klo dilakukan setiap hari lumayan juga bikin “kliyengan” hehe.. dan sekarang setelah lebaran kembali lagi ke normal berat badan saya (tapi paling tidak, nggak naik). jadi sebetul nya nggak susah koq ngejalanin OCD apalagi bagi yg sudah terlatih berpuasa tinggal tambahin jam waktu berbuka aja. dan inget jangan berlebihan ketika berbuka.

      • dengan tinggi badan 158 dan berat 53 kg brp kilo lgi yg harus saya turunkan, saya dah mencoba diet ini tp kq g bisa rutin yaa gimana cara terbaik supaya bisa rutin diet OCD ini

      • Mb yani.
        Saya tidak tahu mengetahui bagaimana fisik mb yani dan berapa body fat mb Yani. Karena itu sangat sulit saya menjawab “berapa kilo yang harus turun” karena ada beberapa kasus yang saya tangani, Kilogram dipertahan hanya bodyfatnya yang turun bahkan ada beberapa kasus justru timbangan kilogram naik tapi bodyfatnya turun.

  14. Baru hari ini denger OCD, itu juga gara2 DP BBM di coment sama temen “ikut OCD”,, setelah browsing n pelajari kaya’a menarik juga.. Coba ngikutin deh,, kayak’a diet ini cuma ngerubah kebiasaan pola makan qta aja kan,, jdi cukup aman + lebih sehat harusnya..

  15. Aku baru tau info ocd waktu di acara hitam putih trus aku browsing kayaknya aku pengen coba deh soalnya nggak pake modal gede cuma puasa doang trus makan yg diatur emang patut dicoba deh

  16. amazing bgt yah,, kbtulan emang lgi cari cara buat diet, mnrtku sih odc masuk akal bgt ya, n patut dicoba. dan mungkin saya perlu menanyakan bberapa hal dlu ya..
    kenapa bisa dipatok smpai hari k 91 ? lalu apakah hari ke 92 an seterusnya perlu odc lagi atau hanya maintanance mengurangi porsi makan saja, ataukah jg stelah mlwti hari k 91 badan kita langsing permanen ? mksih

    • Hai Wakhida..
      Diet itu sebenarnya adalah pengaturan makanan, jadi selama hidup dan mengkonsumsi makanan pasti dong diet selalu ada. kanapa 90? itu bukan patokan diet, melainkan perhitungan untuk transformasi. Jadi bila ada seseorang yang hendak melakukan program fat loss atau program penambahan otot, maka hasil yang dapat dilihat secara visual biasanya di hari ke 91.
      Sayangnya tubuh kita bukanlah sesuatu permananen (bukankah kita menua?), selama yang masuk makanan berkualitas baik dan ditambah dengan latihan beban plus istirahat. Pastinya tubuh di dalam kategori fit.

      • iya juga ya… hehehehe… oke. saya lagi hari pertama odc nih… n nnti mau laporan aahhh stelah hari ke 91. mksih info yg bermanfaat ini

  17. Kyknya cocok nih buat sy yg kerjanya banyakan duduk.. Semangaaaaat!! :D *supir taksi aja bisa, masa’ sy ga bisa siiih.. Hehehe*
    Tb: 170cm, Bb:84kg
    ‘Blog yg sangat bermanfaat’..arigatou!

  18. saya mau mencoba diet ocd, tapi saya masih belum mengerti dengan “jendela makan”. tolong dijelaskan maksudnya apa ?
    untuk mendapatkan e-book tentang diet ocd caranya gimana ya ?

    • Hai riska,
      Sudah membaca ebook OCD belum?
      Penjelasan singkatnya jendela makan adalah waktu berbuka dari puasa OCD, di jendela makan ini pelaku diet dapat mengkonsumsi makanan asal tidak rakus. Sehingga bila puasa Riska adalah 16 jam maka jendela makannya adalah 8 jam, selama 8 jam ini Riska dapat makan apa aja (ebook versi 2) atau makan sehat (ebook versi 3).
      Saran saya, selama makan di jendela makan sebaiknya tetap memperhatikan kualitas makanan dan kalori yang masuk, terpenting juga jangan menjadi rakus.

  19. Kalo menjalankan OCD ada pengaruhnya g terhadap konstipasi, soalnya saya kalo puasa Ramadhan selalu bermasalah dengan konstipasi.

    • Hai Qotrunada..
      Konstipasinya terjadi di waktu puasa atau di waktu buka? Keterangan yang diberikan Qotrunada kurang lengkap sehingga sulit bagi saya untuk memberi masukan. Namun untuk amannya, berdasarkan penyebab konstipasi maka sebaiknya Qotrunada tidak menjalakan diet OCD.
      Sepengetahuan saya, justru Konstipasi lebih nyaman dengan diet makan 5-7x dalam sehari. Plus perbanyakan minum air putih, serat dan rajin berolahraga.

  20. hai sebelumnya..salam kenal..
    sy tertarik dengn metode puasanya om dedy dan mau untk mencoba program diet ala puasa nya om ini..cuma yg mau sy tanyakan ..Dalam masa jendela makan..maksimal kita boleh makan yg tidak rakus berapa kali..??trims atas masukkannya…

    • Hai Donnylil.
      Berdasarkan ebook versi 3, tidak ada penjelasan mengenai hal ini. Tapi saya punya pertanyaan menarik buat Anda, bagaimana Anda merasa kenyang? Nah sederhananya ya, saat puasa muslim (puasa ramadhan) kebanyakan orang saat berbuka gelap mata dan melakukan aksi balas dendam (bahasa fitness nya, seefood diet) pada saat itu walau tubuh sudah merasa kenyang namun otak tetap merespon lapar sehingga seharusnya kebutuhan berbuka misalnya hanya 500 kalori eh masuknya 1500 kalori.
      Kalo ingin lebih detail ya, berapa basal metabolism atau kebutuhan kalori harian donnylil? nah itu yang jadi patokan selama Jendela makan.
      Bingung? nah tips sederhananya, donnylil sekali makan porsinya seperti apa? itu yang jadi patokan dan kalo lapar ya ngemil aja tapi ingat saat kenyang ya berhenti, jangan bilang “kalo berhenti mulut jadi pahit”. hehehe…

    • Hai ilham, sudah punya pengalaman puasa sebelumnya?
      Bila sudah apa selama berpuasa, tinggi ilham berhenti?
      Hormon pertumbuhan akan berhenti rata-rata di umur 17 tahun, jadi jangan khawatir.

      • palingan puasa ramadhan sama senin kamis itu juga kalo sempet puasa senin kamis :D , Tinggi nya nambah nya lama sekarang suman 165 cm padahal temen-temen tingginya 170 han ke atas. apakah udah termasuk bagus tinggi segitu ?

  21. Τнäиκчöü♥ (ʃƪ´⌣`) banget atas infonya.
    Sy taunya dr hitam putih trus browsing
    Ni sy coba dech OCD karna udh banyak cara diet yg dicoba ya emng turun tp gk lama naik lagi mudah2n ini bs berhasil. Makasi

  22. Ping-balik: Fakta dan Kontroversi Obsessive Corbuzier Diet | oerdha

  23. tentang menu makanan saat jendela makan?? saya biasa konsumsi dgn sepotong roti (kalsium + vitamin + lemak), nasi (karbohidrat), ikan/daging (protein), sayuran hijau (ekstra vitamin) dan air mineral ( mineral).. apa menu saya udah d katakan cocok dgn program OCD??
    Selain itu, saya selalu mngambil OCD Fasting 20 jam/4 jam jendela makan dan di selilingi dgn 2 kali seminggu OCD fASTING 24jam..dan juga saya sertai dgn program O7W tiap hari + angkat beban dumbel 5 kg tiap hari saat masuk ke 18 jam?? apa program saya ini udah benar sesuai prosedur latihan otot OCD??

    *kabar baik buat saya, DALAM 4 HARI garis sixpack saya udah muncul..
    please solusinya??

    • Hai Alfian,
      Saat berpuasa pada prinsipnya kalori yang masuk dibantasi 0.5 kal. Nah setahu saya kalo black coffe tanpa tambahan apapun 0 kal ya, berarti ya tidak masalah. Kecuali kalo alfian tambahankan gula atau kremer, jadinya tidak boleh.

      • bisa ga ocd ntk mnmbah berat badan..
        alnya aq sdh makn banyak n smpai mnum obat mnmbah nafsu mkan tp ga berhasil…
        bb 48 tinggi 165
        kan mnder klw cwo kurus kya aq

      • Hai sudiana.
        Karena diet itu artinya pengaturan makanan, maka setiap metode diet bisa untuk tujuan fatloss atau meningkatkan bobot murni. Prinsipnya yang digunakan adalah kalori yang masuk harus lebih besar dari kebutuhan kalor harian sudiana. Nah Sudiana cek dulu kebutuhan kalori harian lalu tambahkan kalori yang diinginkan.
        Apa itu cukup? Sayangnya tidak. Ada persepsi yang tidak jelas di masyarakat mengenai “tambah berat badan”. Karena bisa jadi yang disebtu tambah berat disebabkan bertambahnya kadar lemak atau bertambahnya bobot murni (tulang, kadar air dan otot). Nah Sudiana ingin bertambah yang mana?
        Saya sering lihat orang seperti sudiana terpengaruhi asumsi salah lalu tindakan yang salah, semisalnya kawan saya demi menambah berat badan dia menghabiskan 1cup margarin dalam 2 hari (wow).
        Saran saya, Sudiana selain OCD juga mulai berkenalan dengan latihan beban untuk menambah massa otot.

  24. Pagi Oerdha,

    Btw, thx atas info dan update2 tiap individu yang ikut OCD.
    Saya ada rencana untuk melakukan diet ini.
    Karna sudah overweight..hehehe.
    Mungkin tiap minggu nya saya coba infokan pekembangannya.
    Siapa tau bermanfaat untuk para pembaca.
    Juga data2 yang sudah saya siapkan serta aktifitas nya.

  25. salam kenal..
    sya jusrianti, asal padang saya jadi penasaran kepengen ikutan ocd nya mas dedy, berat badan sya agak over weight sya kpengen bb nya ideal..
    semoga dengan metode ocd tercapai deh…
    amin..

  26. Benjamin B Lie
    Saat ini saya sedang menjalani proses diet kurangi karbohidrat dengan mengurangi porsi nasi, setelah menjalaninya kurang lebih 4 bulan lumayan berat badan saya turun 6 Kg, namun lewat sharing ini saya mulai malam ini akan mencoba Diet OCD 16 jam, selama 1 minggu dilanjutkan minggu ke 2 diet OCD 18 jam, doakan saya percaya kita semua pasti akan berhasil kalau dilakukan dengan penuh niat dan disiplin pribadi yang tinggi, TQ

    • Hai siti.
      Tidak masalah memulai dari umur 14 tahun.
      Maaf, boleh saya menduga bila Siti memiliki pengalaman Shaum di bulan ramadhan? Kapan Siti belajar memulainya? Dari umur dini kan. So OCD berkaitan langsung dengan puasa maka batasannya hampir sama dengan shaum kaum muslim.

  27. Hai…
    selama menjalankan puasa OCD kan hanya dibolehkan untuk mengkonsumsi 05kal saja. Selain air putih, apakah boleh saya mengkonsumsi jus sayuran?
    Karena selama ini, diet yang saya jalankan adalah mengatur pola makan dengan memperbanyak sayuran dan buah, baik dalam bentuk utuh maupun jus segar :)

    • Hai luvi.
      Sebagai ilustari 4 oz buah memiliki 15 gr karbohidrat, sedangkan 1 gr kabohidrat = 4 Kalori sehingga bila 15 gr karbohidrat sama dengan 60 Kalori. Sedangkan maksimal kalori yang bisa dikonsumsi selama puasa OCD adalah 0.5 kal.
      So Luvi, luvi tidak bisa mengkonsumsi sayuran selama puasa OCD.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s