Tantangan Obsessive Corbuzier’s Diet

Semenjak mem-posting Obsessive Corbuzier’s Diet, Oerdha banyak menerima kunjungan. Ada yang hanya sekedar membaca tanpa meninggalkan jejak, ada juga yang meninggalkan beberapa komentar. Email oerdha di oerdha@gmail.com pun tak ketinggalan kebanjiran email yang masuk, dan sesuai dugaan sebelumnya bila OCD akan memicu kontroversi telah terbukti. Ada beberapa email yang setuju metode diet OCD namun tak sedikit juga yang menganggap bahwa OCD adalah kebohongan yang di-blow up sehingga terlihat seperti sebuah kebenaran. Sebagai penulis, saya tidak akan menyorot persoalan pro dan kontra mengenai OCD melainkan isi pesan beberapa email yang menginginkan saya untuk mencoba melakukan metode diet ini dan melakukan review. Bagaimanapun soal pro dan kontra mengenai metode diet (seeprti atkins diet, zona diet, south beach diet dll ) akan selalu ada dan itu bukan porsi saya untuk memberi pernyataan benar atau salah, tapi tantangan mencoba diet OCD betul-betul menarik perhatian saya.

Oke sebelum saya memulai metode diet Obssesive Corbuzier’s Diet, ada baiknya saya menyebutkan profil saya.

Pengambilan Data 31 Maret 2013 7 April 2013 9 Juli 2013 7 Agustus 2013
Tinggi (cm) 170 170 170 170
Berat Badan (kg) 72 65 62 60
Kandungan Lemak (Body Fat) (%) 22 19 17 14
Metode Diet Tidak South Beach Level 1 Low Carbo High Protein Low Carbo High Protein
Metode Latihan Beban Beban Moderat Beban Moderat Cenderung Tinggi 12 Minggu Kris Gethin 12 Minggu Kris Gethin (3 Minggu Terakhir)
Cardio Tidak Tidak 25 Menit Setiap Pagi dan Malam 25 Menit sebelum berbuka dan Malam
Catatan Melakukan puasa dibulan Ramadhan

Dari tabel diatas, bisa dilihat bahwa saya pada tanggal 31 Maret 2013 memiliki kondisi tubuh yang tidak fit walaupun belum masuk kategoti obesitas dan saya yakin kasus saya juga banyak dialami orang lain (heii…. Ukuran celana saat saya itu di ukuran 33 dan mau melompat ke 34, saat ini sudah kembali normal di 31). Sebelum mengenal metode Obsessive Corbuzier’s Diet, saya telah mencoba metode South beach diet level 1 dan Low Carbo High Protein Diet yang ternyata memberi hasil bagi saya. Hanya karena beberapa email menantang saya untuk melakukan metode Obsessive Corbuzier’s Diet,, maka saya akan coba. Kondisi dan situasi yang saya alami hampir mirip dengan kondisi dan situasi Deddy Corbuzier sebelum melakukan Obsessive Corbuzier’s Diet, yaitu kondisi Deddy Corbuzier sudah melakukan metode diet lain dan melakukan latihan beban; dan situasi Deddy Corbuzier saat itu akan mengisi sebuah acara TV dan harus membuka baju.

Oke langsung saja………….

Percobaan Pertama

Pengambilan Data 8 Agustus 2013, Jam 10 Malam 9 Agustus 2013, Jam 5 Pagi
Tinggi (cm) 170 170
Berat Badan (kg) 60 60
Kandungan Lemak (Body Fat) (%) 15,7 15,7
Aktivitas Latihan Beban OFF OFF
Jam Makan Terakhir 8 Agustus 2013, Jam 9 Malam -
Rencana Jam Makan Siang 9 Agustus 2013, Jam 12 Siang
Catatan Perjalanan Mudik Semarang-Yogja menggunakan mobil pribadi

Catatan Tambahan: Dengan jadwal makan malam terakhir di jam 9 malam dan makan siang jam 12 siang, maka rencananya menggunakan pola puasa 16 jam dengan waktu makan 8 jam.

Kenyataan dilapangan:

Seperti biasa, saya mengawali hari pada pukul 05.00 WIB dengan mengkonsumsi kopi hitam ditambah gula pengganti (5 kalori) sebelum melakukan cardio menggunakan sepeda statis selama 25 menit dan twins sebanyak 200 kali kemudian dilanjutkan persiapan mudik Semarang-Yogja. Pada pukul 07.00, saya sudah di jalan dan posisi di jalan keluar tol bawen. Kondisi perut sudah mulai memberontak alias lapar, tindakan pertama saya adalah banyak minum air putih (pelajaran dasar mencegah lapar hehehe…). Dari pukul 07.00 s.d 08.00 saya berusaha menahan lapar dan mengalihkan fokus pada jalan, saya kemudian teringat sebuah email dari rahma yang isi pesannya menyatakan bahwa rahma saat melakukan OCD dan menghindari sarapan pagi memiliki keuntungan tambahn berupa kemampuan mengendalikan emosi dengan baik, namun sayangnya ini tidak berlaku bagi saya. Alhasil dengan keadaan menahan lapar (10 jam belum makan) ditambah kondisi jalan yang macet total, berimbas emosi saya naik turun. Akhirnya pada pukul 08.00 (11 jam tidak makan) saya menyerah, dan memakan makanan yang seharusnya dijadikan bekal makan siang.

Hasil percobaan pertama

Pengambilan Data 9 Agustus 2013, Jam 10 Malam
Tinggi (cm) 170
Berat Badan (kg) 60
Kandungan Lemak (Body Fat) (%) 15,7

Kesimpulannya: pada percobaan pertama, saya gagal berpuasa 16 jam dan hanya mampu menyelesaikan 11 jam saja. Pengambilan data pada jam 10 malam menunjukan tidak adanya perbedaan.

Lalu? Harus diakui, pada percobaan pertama penyebab kegagalan saya adalah keadaan lapar. Bila agus dalam emailnya menyatakan bahwa dengan menghindari sarapan pagi, beliau mampu menahan lapar sampai dengan jam 12 maka hal tersebut tidak berlaku bagi saya. Namun rasanya tidak adil mengatakan bahwa OCD merupakan metode gagal hanya dari percobaan pertama.

Percobaan Kedua

Pengambilan Data 9 Agustus 2013, Jam 10 Malam 10 Agustus 2013, Jam 4 sore
Tinggi (cm) 170 170
Berat Badan (kg) 60 60
Kandungan Lemak (Body Fat) (%) 15,7 15,7
Aktivitas Latihan Beban OFF Latihan kaki dengan metode DTP
Jam Makan Terakhir 9 Agustus 2013, Jam 8 Malam -
Rencana Jam Makan Siang 10 Agustus 2013, Jam 9 pagi
Catatan - -

Catatan Tambahan: untuk menghindari kegagalan pada percobaan pertama, maka saya mengubah pola puasa. Bila sebelumnya mematok target pola puasa 16 jam, makan pada percobaan kedua saya menurunkannya menjadi pola puasa 13 jam sehingga waktu makan terakhir di jam 8 malam dan jam makan siang jam 9 pagi.

 Kenyataan dilapangan:

Kali ini saya berhasil menyelesaikan pola puasa 13 jam bahkan ada kelebihan 30 menit karena saya baru makan di pukul 09.30. Aktivitas pagi saya tidak berbeda dari hari pertama yaitu, pukul 05.00 mengkonsumsi kopi dengan gula pengganti dan cardio 25 menit. Yang membedakan dengan hari pertama, pada pukul 10.00 saya melakukan aktivitas latihan beban dengan metode DTP. Mengapa DTP? Deddy Corbuizer menyatakan bahwa beliau melakukan program latihan ala murid shaolin sebagai pelengkap metode Obsessive Corbuzier’s Diet, dan berdasarkan pengamatan saya metode DTP memiliki tingkat fisik yang menyerupai program latihan murid shaolin (Perkiraan ini saya ambil, karena saat artikel ini ditulis, Deddy Corbuzier belum memberitahukan metode latihan beliau dan perkiraan saya didasarkan dari latihan master shifuyanlei)

Hasil Percobaan Kedua

Pengambilan Data 10 Agustus 2013, Jam 5 Sore
Tinggi (cm) 170
Berat Badan (kg) 60
Kandungan Lemak (Body Fat) (%) 15,7

Kesimpulan: Walaupun pada percobaan kedua saya berhasil menyelesaikan pola puasa 13 jam, namun pada tabel diatas menunjukan tidak ada perubahan yang berarti. Berat badan saya masih di posisi 60 kg dengan kandungan lemak di posisi 15,7 %. Oh ya, pada hari kedua saya tidak merasakan lapar dan emosi yang lebih stabil namun sayangnya saya mengalami pusing. Bisa jadi ini berhubungan dengan darah rendah saya.

Lalu? Sementara ini percobaan pertama dan kedua saya posting terlebih dahulu sebagai jawaban dari tantangan rekan-rekan. Saya akan melanjutkan tantangan sampai 10 hari kedepan, bila sampai hari ke-sepuluh tidak ada perubahan pada kondisi kandungan lemak saya maka secara sepihak saya akan mengakhiri percobaan ini.

BERSAMBUNG…….

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai:

OCD, bisa ketik di: Obsessive Corbuzier’s Diet

Metode Latihan DTP, bisa ketik di: Dramatic Transformation Principle

Siapa Master shifuyanlei?, bisa cari di goggle (hehehe….)

58 thoughts on “Tantangan Obsessive Corbuzier’s Diet

    • Hai bro aji.
      Metode menghitung body fat ada banyak caranya, salah satu yang cukup populer dengan sebuah alat digital yang bernama Fat Monitor. Sayangnya saya tidak bisa menyebut yang mana karena berhubungan dengan nama merk. Nah Fat Monitor, memang cukup mudah penggunaannya namun kadang ada deviasi pada hasil.
      Cara lain yang cukup populer dengan menggunakan alat bernama Caliper Body Fat.
      Kalo saya sendiri menggunakan fat monitor.

  1. Mas. Kalau selama puasa itu kan kita tidak boleh makan kalori. Apabila diganti dengan buah dan air putih saja apakah boleh?

    Lalu yg mau sy tanyakan lg, apakah kadar lemak semakin kecil berarti semakin bgs? Bisa dishare gk alat test tsb bisa didapatkan dimana? Dan mereknya apa. Untuk jawaban ini, tolong di forwardkan juga ke email sy y mas. adriadi.tantono@yahoo.com

    Terima kasih mas..

    • Halo Adri, terima kasih sudah bertanya.
      Bila kita bicara pengaturan makan alias diet maka konsepnya dua yaitu menjaga kualitas makanan dan menghitung kalori. Sehingga bila dietnya diperuntukan untuk menurunkan lemak (saya tidak memakai istilah berat badan ya, biar tidak rancu) maka jumlah kalori yang dipakai harus lebih besar dari yang masuk.
      Bagaimana dengan ODC? Metode diet ODC secara tidak langsung memaksa pelakunya untuk memotong kalori dengan cara hanya makan pada waktu “Jendela Diet” dan tidak boleh rakus.
      Semua metode diet tetap mengajurkan kebutuhan kalori termasuk metode OCD.
      Saran untuk Mas Adri, sebelum melakukan metode diet apapun. Cek kebutuhan kalori Mas Adri. Coba search di google mengenai basal metabolisme atau sering disebut kebutuhan kalori harian.
      Coba di cari basal metabolisme Mas Adri.
      Kalo kebutuhan basal metabolisme mas Adri tiap harinya tidak terpenuhi maka jangan repot2 menggantikannya dengan air atau buah.
      Pertanyaan ke2. Bila jarum timbangan tetap tapi kadar lemak mengecil maka…. Selamat Anda sudah berhasil diet menurunkan lemak… tapi sayangnya hal ini tidak banyak diketahu orang, semuanya hanya paham kalo indikator penurun lemak hanya menggunakan jarum timbangan.
      Alatnya banyak beredar di Indonesia kok mas. Untuk merk saya emailkan aja ya.

    • Mas Adri, terima kasih bertanya.
      Saya akan menjawab berdasarkan e-book OCD versi 3.

      Singkatnya, selama berpuasa OCD seorang pelaku hanya boleh memasukan 0.5 Kalori saja. Artinya hanya permen dan air putih saja yang boleh dikonsumsi, selain itu ya tidak boleh termasuk buah bahkan susu coklat atau makanan lain yang memiliki kalori diatas 0.5kal. Nah kapan bisa mengkonsumsi? ya saat di jendela makan.
      Lalu berapa kebutuhan kalori mas Adri? coba mas Ardi goggling dengan kata kunci basal metabolisme atau kebutuhan gizi harian. Nah jumlah kalori itu yang harus dipertahankan oleh Mas Ardi. Semisal selama ini kalori yang masuk ternyata lebih besar dari basal ya dengan OCD akan dipaksa untuk dikurangi, bila sebaliknya maka dengan OCD juga dipaksa untuk ditambah.

      Untuk alatnya sih banyak dijual di toko kesehatan, namanya fat monitor ini yang lebih mudah dioperasikan daripada caliper.

    • Nah ini dia pertanyaan yang berbeda dengan yang lain…
      Singkatnya kalo ingin menaikan berat badan ya harus tingkatkan berat murni (berat tulang, kandungan air dan otot). Karena berat badan itu total dari berat murni ditambah berat lemak.
      Konsep konvensional dengan menambah kalori plus latihan beban dengan tingkat tinggi (beben berat), konsep terkini dengan menambah kalori BERKUALITAS plus latihan beban tinggi.
      Nah dalam OCD sendiri, seperti yang ditampilkan oleh Deddy Corbuzier, yaitu ditambahkan kalori berkualitas pada jendela makan plus latihan beban dengan beban berat (Kalo bahasa fitness mania disebut overload pada otot). Kalo ingin lebih detail ya panjang sih, g mungkin ditulis di bagian komentar.
      Intinya kualitas kalori dan tingkat beban..

      • Betul sekali utk mas OERDHA, diet OCD ala Deddy… memang BUKAN HAL BARU. karena sayapun pernah membaca di internet mengenai GH (Growht Hormone).Adapun judulnya : FOUR SIMPLE WAYS TO INCREASE GROWHT HORMONE point 4. from J.D. MOYER : System for Living well. Dipoint 4 tsb dijelaskan mengenai jendela makan : Stop Eating for 16 – 24 Hours at Least once a week. Maaf bukan bermaksud mementahkan diet OCD, tetapi memang hal tsb bukan hal baru.

  2. Ping-balik: Obsessive Corbuzier’s sebuah Diet Shaolin ala Deddy Corbuzier | oerdha

  3. halo, gw mau nanya tentang tahan napas pada bench press seperti kata OCD. Jadi ketika kita akan mulai bench press posisi besi berada di bawah kan,

    pertanyaannya: apabila kita menjalankan ocd, posisi startnya tahan napas atau tidak? karena nanti kan ada rules bahwa harus menahan bebas diatas SAMBIL tahan napas selama 3 detik lalu perlahan membuang napas sambil menurunkan beban.

    ATAU..

    mengikuti ajaran di tempat fitness. buang napas ketika mendorong beban keatas, baru ditahan lagi selama 3 detik + tahan napas sesuai OCD.

    thanks

    • Hai luthfi.
      Jujur baru kali ini ada yang nanya teknik pernapasan. Luthfi tahu dari mana teknik pernapasan tersebut? dari ebook versi 3 kah?
      Saya pribadi lebih memprioritaskan teknik angkat dan beban maksimal dibandingkan harus repot-repot menggunakan teknik pernapasan. Sederhananya, saat Luthfi salah melakukan gerakan (dalam hal ini salah teknik) berarti otot yang terlatih kurang maksimal dan berisiko cedera. Kebanyakan orang di gym hanya menduplikasi dari gerakan orang lain tanpa mau menanyakan bagaimana teknik yang benar, dan sayangnya hanya sedikit yang mengetahui “filosofi” teknik di gym sehingga bilapun bertanya jawaban yang didapatkan adalah jawaban yang salah.
      So, sebaiknya Luthfi mengevaluasi selama ini teknik yang digunakan sudah benar atau belum, lalu kemudian cek beban maksimal luthfi apakah relevan dengan kemampuan Lutfhi sendiri. Baru kemudian teknik yang lain, ada teknik pernapasan, teknik parsial, teknik cheat. Dan masih banyak lagi teknik yang lain.

  4. Halo mas saya mau tanya dlu saya pernah pke diet menggunakan OCD berhasil , tp kok skrg nih engga berhasil ? Apa slh pola mkn nya pas buka
    Satu lg saya mau tanya kalo diet OCD hrus d haruskan untuk olah raga ?

    • Hai Ferial.
      Pernah nyoba OCD tapi gagal? Tenanf aja g cuma kmu kok yang gagal hehehe..
      Sebagian besar email ke oerdha memberitahukan kegagalan OCD mereka karena faktor salah makan dan kurangnya olahraga. Apakah benar? Saya sering mengamati puasa di bulan ramdhan dan saat lebaran, ada kecenderungan lebih banyak orang bertambahnya berat badan dibandingkan yang mampu memanfaatkan momentum tersebut untuk fatloss. Faktor utamanya aksi balas dendam.
      Saya tidak tahu apakah ferial mampu mengetahui kebutuhan kalori harian ferial? Coba cek kalori yang masuk apa sebanyak yang keluar?
      Untuk pertanyaan OCD diharuskan olahraga, berdasarkan pengalaman saya di industri fitnes. Hasil optimal fatloss didapatkan dari kombinasi diet, latihab beban dan istirahat. Itu berdasarkan pengalaman loh belum saya petik dari hasil penelitian. So…. pilihan ada di ferial.

    • Hai awan.
      Sebelum OCD, apa yang sudah dilakukan oleh awan dalam program muscle building?
      Kelebihan OCD dalam muscle building adalah meminimalisir kelebihan kalori yang menjadi timbunan lemak plus sesuai klaim deddy bahwa dengan OCD maka awan bisa memanfaatkan hormon yang meningkat. Sedangkan kelemahannya? Energi dari lemak dan energi dari karbo itu berbeda, makanya bagi sebagian orang latihan saat berpuasa sangat menyiksa

    • Hai bro Dhanang.
      Sudah baca ebooknya? Nah OCD sebisa mungkin dijadikan life style agar bisa dilakukan setiap hari selama-lamanya.
      Tapi saya bingung dengan 4jam dan 8jam yang dimaksud bro Dhanang. Penyebutan OCD untuk puasa 16 jam, 18 jam, 20 jam dan 24 jam. Untuk penyebutan jendela makan adalah 8jam, 6jam, dan 4jam.

    • Hai febriani
      Hal yang kamu tanyakan disebut dengan jendela makan. Selayaknya shaum (puasa) ramdhan. Maka jendela makan adalah waktu berbuka. Nah disini febriani bisa makan sesuaui kebutuhan sendiri. Sebagai contoh semisal kebutuhan kalori febriani 1700kal, nah di jendela makan tersebut bisa dibagi menjadi 3 x makan atau 4 x makan atau sesuai keinginan febriani.

    • Hai Fitri
      Setiap metode diet maupun teknik latihan pasti ada batasannya. Nah untuk OCD sendiri batasannya apa? Yang pasti bukan pada batasan umur. Umumnya batasan diet adalah kebutuhan khusus nutrisi seseorang. Penjelasan lebih lanjut mungkin ahli nutrisi atau personal nutrisi ya.
      Lalu selanjutnya, karena OCD berhubungan erat dengan puasa maka batasannya hampir sama dengan pembatasan shaum ramadhan kecuali dibagian mengkonsumsi airnya.
      Nah bila Fitri tidak memiliki kebutuhan khusus nutrisi ya tidak ada masalah.

    • Hai Shinta.
      Maksudnya bagaimana ya? Kan tidak ada larangan mengkonsumsi nasi. Kalo Shinta ingin makan nasi silahkan saja.
      Coba saya ganti pertanyaan shinta. “Bisakah makan selain nasi?” Oke kalo pertanyaan gini, jawabannya adalah nasi merupakan sumber karbohidrat sehingga bila tubuh tidak makan nasi tapi makan dari sumber karbohidrat lain seperti kentang, oats, nasi merah dll ya tidak masalah.
      Yang penting tubuh seimbang mengkonsumsi 3 nutrisi mayor antara lain protein, karbohidrat dan LEMAK.

  5. hy bro… saya msh bingung ini msalah pola makan tersebut, saya baca testi kmu, tetap ga ngerti juga,

    1.aku mau tanya, kita puasanya jam berapa dan bukanya jam berapa,
    2. puasa 16 jam, 18 jam, 20 dan 24 itu mqksudnya apa bro ?
    3. tolong pernyataan saya di balaz ya maz,
    klo bisa via email aja.
    mudji_azwar@yahoo.co.id

    salam diet dari azwar di makassar

    • Hai Mudji…
      Salam diet juga bro.
      Puasa 16 jam, 18 jam dan 24 jam bisa dimengerti sebagai level, artinya bila awal ikut OCD maka disarankan ambil puasa 16 jam terlebih dahulu, dengan pola makan terakhir di jam 8 malam dan buka di jam 12 siang. Selanjutnya, bila bro Mudji sudah merasaka kuat dengan puasa 16 jam maka bisa ditingkat di puasa 18 jam. Sedangkan, puasa 24 jam ada tingkatan paling tinggi.
      Ilustrasinya bro:
      Minggu pertama: Puasa 16 jam
      Minggu kedua: Puasa 18 Jam
      Minggu ketiga: Senin dan Kamis puasa 24jam lalu Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu bisa kombinasi puasa 16 jam atau 18 Jam.

      Fleksibel aja bro,

      • thks bro atas sarannyaa. nnati jam 12 siang gw coba,,,,
        soalnya gw pokus perut ini, mslah chest,shoulder dan back uda kebentuk, sisa perut ini, susah bgt.

    • Hai Rizki
      Jangka waktu diet adalah seumur hidup. inilah kenyataannya.. Karena diet artinya pengaturan makan.
      Jadi Rizki jangan berpikiran setelah mendapatkan tubuh bagus lalu bisa berhenti diet dan masih tetap berharap tubuhnya tetap sama.
      Bila rizki bertanya, butuh berapa lama perubahan fisik (fatloss) secara visual terlihat maka jawabannya adalah 12 minggu.
      Nah di dunia bodybuilding, biasanya setelah 12 minggu diet mereka ambil waktu seminggu untuk istirahat diet tapi tetap masih makan sehat.

  6. saya melakukan diet ODC krn hasil cek lab ASam Urat=7,6, kolesterol gabungan =167,LDL=93 dan trigliserit 245. Usia saya 54 th, tinggi badan 170, berat badan 83kg, ukuran celana No.38 itu pas diperut, krn saya sdh sering melakukan puasa, maka saya langsung coba puasa 20Jam, saya mulai tgl 5 September 2013 dr jam 18.00 s/d tgl 6 September 2013 jam 14.00. saya tidak merasakan pusing atau semacamnya yg saya rasakan nyaman2 saja. oh ya olah raga yg saya lakukan pagi jam lima jalan kaki selama 1Jam, sore harinya sehabis jam makan selesai saya melakukan senam spt contoh di gambar ODC dan barbel seberat 8kg selama 20 menit dengan jeda 1/2 menit.
    Tanggal 10 September 2013 jam 17.45 saya coba menimbang dng timbangan yg sama berat badan saya turun 4kg atau menjadi 79kg. dan ukuran celana yg saya pakai 36.
    makanan yg saya makan pada saat awal mulai makan pada jam 14.00 adalah Apel 1Bh, Brocoli 10 potong, Oatmeal instan 4 sedok makan dan jam 17.00 nasi 1/2 enthong sayuran dengan lauk tidak mesti , kadang daging ayam,kadang daging sapi, kadang tempe dan tahu,……………………….. u/cek laborat rencana Sabtu tanggal 7 September 2013
    kondisi saat ini saya merasa sangat nyaman dan tdk ada keluhan sakit apapun

  7. oky mkasih atas info y,,,

    Saya pngin tanyain lg jika saya lngsung memulai puaza yg 24jam tanpa tahapan” 16,18,20jam apakah ada efek y
    Sprti hari ini saya awal mlkukan ocd, langsung 24jam ,hari prtama ini brhsil saya jalani,,,,

  8. Hallo Mas…saya masih belom faham masalah jendela makannya ni, kalo seandainya saya berhenti makan di jam 8 malam, berarti keesokan harinya saya baru bisa buka di jam 12 siang dan setelah itu saya kembali puasa dengan waktu 16 jam berikutnya, itu berarti saya harus berbuka pada jam 4 subuh ? gimana caranya saya bisa medapatkan ebook nya ? winwin_83@yahoo.com

      • mas oerdha sy mau tanya soal ocd. Sy sudah menjalankan diet ini hampir 2 minggu tp ko turunx cm 2 kg aja gk berubah2 dari bb 62 brhenti di 60 gk turun2 lg. sy mulai makan jam 1 siang berhenti makan jm.6 sore itupun sy sekali aja makan sedikit dan jarang ngemil tp memang sy gk prn olahraga. apa ocd yg sy lakukan salah ya ? trs wkt jendela makan itu qt bs makan apa saja, trmasuk makan dan minum yg manis2 di perbolehkan gk ? trs slm puasa kebutuhan minum air putih smp brp liter blh minumx ? tq penjelasannya..

      • Hai Yunita,
        Saya bersyukur ada pertanyaan ini, terima kasih telah bertanya.
        Untuk menjawab hal diatas, ada kemungkinan: pertama, kemungkinan mbak yunita melakukan kesalahan diet secara umum. kemungkinan kedua, bahwa OCD tidak cocok untuk Anda.
        Nah bagaimana penjelasannya, rasanya informasi ini sangat disayangkan bila saya tulis di bagian komentar. Saya janji akan saya ulas dibagian tersendiri dan mbak yunita akan saya beritahukan.

  9. baik saya tunggu ya utk ulasannya. selepas sy cocok ato tidak dg diet ini sambil menunggu ulasan anda sy ttp jalani ocd ini. kalo tidak keberatan mohon di emailin jg ke sy. oia satu lagi pertanyaan sy kl qt kekurangan asupan kalori atopun kelebihan asupan kalori apa dampak bagi tubuh qt. terimakasih…

  10. Ka saya mau tanya nih, saya kan suka ngantuk disekolah pas pelajaran, biasanya biar ga ngantuk saya makan permen gitu kan. Tapi kan saya dalam masa puasa pas pelajaran itu. Kalo makan permen gitu dalam masa puasa boleh ga? Terus permen yang boleh dimakan berapa? Saya takut lebih dari 0.5 kal permen yg saya makan. Terus ka, boleh ga sih ngemil pas jendela makan? Atau yg dibilang boleh makan apa aja itu, cuma buat makan besar kyk nasi dll? Makasi. Tolong dijawab

    • Hai kinan,
      Kalo takut makan permen ya banyakin aja minum air putih atau minum kopi pahit aja sekalian,, dijamin melek selama pelajaran.
      Untuk pertanyaan kedua, karena OCD hanya diperbolehkan makan di jendela makan maka mau makan besar atau ngemil juga ya tidak ada masalah selama di jendela makan.

    • Halo bro david..
      07W itu masuk ke dalam gerakan aerobik bro, keuntungannya tentu meningkatkan intensitas denyut jantung yang imbasnya membantu mengoptimalkan OCD. Sedangkan kelemahannya adalah kalo tubuh sudah terbiasa ama 07W maka intensitasnya gak masuk bro.
      Saran saya selama 1-2 bulan pake dulu O7W sambil mempersiapkan diri buat latihan beban di gym bro.

  11. Saya mau tnya lg..
    07W kn untk prsiapan 1-2 bln sja.. Untuk kmudian lgsug di gym,. Apakah sya langsung mencari beban yg sangat berat..?

    • Devid ya bukan David… sorry bro kemarin typo hehehe…
      Devid sudah terbiasa weight training belum? Memahami gerakan sempurna dan muscle connection? Kalo belum maka devid sebaiknya fokus dengan kedua hal tersebut dulu, bebannya pake yang moderate aja.
      Kalo Devid sudah bisa merasakan muscle connection gak apa pake beban berat.
      Tips aja buat devid, beban ringan itu bila dalam satu set devid bisa melakukan lebih dari 15 rep. Lalu masuk kategori moderate bila Devid mampu melakukan 10-12 rep. Sedangkan yang disebut berat bila devid hanya mampu melakukan 1-3 rep

Tinggalkan Balasan

