Fakta dan Kontroversi Obsessive Corbuzier Diet

Saatnya kita berbicara tentang Fakta dan Kontroversi mengenai OCD alias Obsessive Corbuzier Diet. 2 posting terdahulu telah membahas mengenai apa itu Obsessive Corbuzier Diet (http://oerdha.wordpress.com/2013/08/04/obsessive-corbuziers-sebuah-diet-shaolin-ala-deddy-corbuzier/) dan sedikit review dari pengalaman saya menjalankan OCD. Nah kali ini dengan semangat BELAJAR (open mind), kita akan membahas OCD dari sisi kontroversinya sekaligus mengungkap kenyataan bahwa OCD tak semudah yang dibayangkan.

Saya teringat kata-kata Deddy Corbuzier saat itu, “Di zaman koboi, kalo kita berbicara mengenai besi dengan berat berton-ton bisa melayang diangkasa pasti kita dianggap gila. Sekarang kita menganggap normal hal itu yang kita sebut pesawat” artinya pengetahuan tidak akan habis.. hadapilah.

Fakta

  • Obsessive Corbuzier Diet bukan hal yang baru

Pada tahun 2006 atau 2007 saya lupa tepatnya, dunia bodybuilding amerika gempar seperti yang terjadi di Indonesia saat ini. Ada satu metode diet yang ditawarkan oleh Ori Hofmekler yang memicu kontroversi dikalangan bodybuilding kala itu. Metode itu disebut intermittent fasting namun lebih dikenal dengan sebutan Warrior Diet. Seperti apa Warrior Diet itu? Yup persis sama dengan Obsessive Corbuzier Diet.

Pada warrior diet terdapat 2 periode makan yaitu periode undereating (kalo OCD menyebutnya sebagai puasa) dan periode overeating (OCD menyebutnya jendela makan) plus dengan dilarang sarapan pagi.

warriordiet

Dugaan saya, Deddy Corbuzier saat melakukan riset mengenai puasa ala shaolin menemukan banyak hal pada metode diet ini yang mampu menjawab segala pertanyaan beliau. Lalu mengapa namanya sekarang menjadi Obsessive Corbuzier Diet? Silahkan tanyakan pada Deddy sendiri.

The Warrior Diet

Lalu bagaimana perkembagan Warrior Diet? cek aja ya di goggle hehehe…

  • Obsessive Corbuzier Diet bisa memasukan apa saja tanpa memikirkan kalori

Awalnya di ebook edisi 1.2, Deddy memperbolehkan memakan apa saja asal tidak rakus saat di jendela makan dan boleh mengkonsumsi rendah kalor di saat puasa. Namun di ebook edisi 3, Deddy menyarankan mengkombinasikan antara makanan sehat dan junk food termasuk melarang kalori yang masuk selama berpuasa.

Mengapa bisa terjadi perubahan? Dugaan saya adalah penyempurnaan metode.

Faktanya menurut Dr. Fredy Wilmana, hal yang terpenting dari diet adalah pengaturan kalori.

  • Obsessive Corbuzier Diet bisa berhasil tanpa olahraga

Ini dia biang keroknya, entah bagaimana orang memiliki persepsi bahwa Obsessive Corbuzier Diet adalah diet tanpa olahraga! Banyak email yang masuk yang mengatakan bahwa mereka terbebas dari “kegiatan fisik yang tidak menyenangkan” (-_-). Pembenaran dari hal ini berdasarkan kutipan dari ebook versi 1.2 yaitu PERUT DI BUAT DI PERUT BUKAN DI GYM.

Kalian tahu? Hampir setiap email yang masuk berisikan rasa syukur bahwa tidak perlu berolahraga lagi karena ada Obsessive Corbuzier Diet membuat saya frustasi. Beruntung di ebook versi 3, Deddy memberi fokus lebih pada latihan beban metode HIT dan tekniknya yang disebut O7W.

Faktanya adalah setiap metode diet dengan fokus fat loss akan lebih efektif bila dikombinasikan dengan latihan angkat beban. Jadi jangan pake alasan apapun lagi untuk menghindar dari latihan angkat beban.

  • Tidak adanya komitmen

Banyak email yang diterima oerdha menyatakan ketertarikannya mengenai Obsessive Corbuzier Diet dan ingin segera memulai metode diet namun kenyataannya sering sebuah metode diet tidak memberi hasil alias gagal lebih disebabkan karena tidak adanya komitmen dari pelaku diet. Sayangnya, setelah gagal diet seseorang cenderung akan menyalahkan bahwa metode dietnya salah dibandingkan mengintropeksi diri.

Jadi teringat om Andik dan Bude Ira nih (Ayo alasan apa lagi!)

Kontreversi

  • Tidak ada menu sarapan alias skipping breakfast.

Pro; Beberapa email mendukung hal ini dengan menceritakan pengalamannya saat bekerja terpaksa tidak sarapan namun hal ini justru membuatnya tidak lapar sampai dengan jam makan siang atau ada juga email yang mengklaim bahwa dengan sarapan menyebabkan mulut sudah mencicipi glukosa yang justru memberi reaksi lapar.

Kontra: sedangakan email yang menentang menceritakan pengalaman shaum (puasa) dibulan ramadhan memberikan efek lemas dan tak bertenaga, ada juga email yang mengatakan bahwa walaupun sering shaum (puasa) senin-kamis tetap saja efek lemas dan tidak bertenaga selalu menyerang.

Kesimpulannya? Ini semua sugesti.

Harus diakui, penelitian mengenai manfaat sarapan lebih banyak dibandingkan penelitian mengenai keburukan sarapan. So.. saya ambil jalan tengah saja, adakah ahli nutrisi pendukung OCD yang ingin melakukan penelitian mengenai keburukan sarapan? Bila ada mohon sharing ya.

  • Makan apa aja tanpa perlu memikirkan kalori

Awalnya Deddy Corbuzier tidak merinci apa yang disebut dengan “makan apa saja di jendela makan asal tidak rakus” nah hal ini membuat beberapa calon pelaku diet bingung dan terpaksa bertanya kepada saya (nah loh,,,). Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah “makanan apa saja itu berarti makan sembarangkan? Dan beberapa kali makan yang tidak disebut rakus?” hal ini pulalah yang membedakan OCD dengan warrior diet, pada warrior diet untuk urusan makanan tetap dijaga kualitasnya.

Kontra: Ingat pepatah ini? Training is easy but eating clean is hard. Artinya menjaga kualitas makanan lebih susah dibandingkan dengan latihan. Dengan memasukan semua makanan tidak sehat berarti anda memasukan sampah kedalam tubuh. Lalu tanpa menghitung kalori? Bagaimana mungkin diet ini berhasil bila kalori yang masuk lebih besar dibandingkan dengan keluar? Woi ini akan jadi timbunan lemak.

Dr. Fredy Wilmana, salah satu tamu yang diundang oleh Deddy dalam hitam putih sesi OCD menyebutkan bahwa yang terpenting dari diet adalah pengaturan kalorinya. Singkatnya kalori harus seimbang antara yang masuk dan keluar.

So pada ebook versi 3 Deddy menyarankan mengkombinasikan antara makanan sehat dan junk food termasuk melarang kalori yang masuk selama berpuasa.

Saran saya: bila Anda memilih metode OCD, ada baiknya bila sudah berpengalaman dengan makanan sehat ya lakukan OCD dengan makanan sehat sedangkan bila Anda belum sanggup untuk memakan makanan sehat dan ingin menikmati hidup (alasan paling banyak diutarakan) gunakan pedoman TIDAK BOLEH RAKUS.

Kesimpulannya..

Daripada ribut membahas mana yang salah, sebaiknya kita ilustrasikan bahwa metode diet adalah sepeda motor dan tujuan diet adalah tempat yang ingin kita datangi. So, daripada harus rebut memilih sepeda motor jenis dan merk apa untuk menuju tempat yang kita datangi. Bukankah yang terpenting rasa nyaman melakukan diet itu sendiri? Karena bagaimanapun kita adalah pribadi yang berbeda bukan..

Saya pribadi, telah mencoba OCD dan merasakan hasilnya seperti yang tertulis pada posting saya sebelumnya. Tapi apakah saya memilih OCD? Bagi saya diet adalah sebuah gaya hidup jadi selama saya makan pasti selalu diet karena hal itu pula saya lebih memilih menggunakan metode diet yang paling nyaman bagi saya yaitu kebutuhan kalori per harian saya dibagi menjadi 5-7kali makan.

Silahkan bagi teman-teman yang semula berdiet makan berkala, soutbeach diet atau food combination diet untuk beralih ke OCD atau sebaliknya. Toh, yang terpenting komitmen diet, latihan beban dan istirahat yang cukup pasti ada hasilnya.

55 gagasan untuk “Fakta dan Kontroversi Obsessive Corbuzier Diet

  1. Karena menyaksikan acara HItam Putih sesi ODC saya jadi termotivasi untuk ikut ODC tersebut. Beberapa hari setelah acara itu saya mulai menjalani ODC. Puasa yang saya lakukan baru 15 jam. Karena baru menjalani 3 hari jadi saya belum bisa membuat kesimpulan. Yang saya rasakan adalah beratnya perjuangan untuk tidak sarapan di pagi hari, karena saya boleh dibilang terbiasa sarapan dengan segelas teh manis dan sepotong roti, dan sekitar jam 10.00 ngemil buah pisang atau bengkoang. Sebagai ganti sarapan saya minum air teh hangat tanpa gula. Setelah perjuangan untuk tidak sarapan dipagi hari dan ngemil jam 10.00 berhasil saya lewati saya tidak merasakan lapar menjelang jendela makan. Saya berjuang lagi untuk menahan godaan makan setelah jam sembilan malam, karena biasa tidur jam 00.00 wib. Untuk menghilangkan rasa lapar itu saya minum air putih. Dihari pertama memang terasa lemas (apakah ini mindset?), hari kedua badan lemas berkurang dan hari ketiga semakin berkurang.

    Saya tidak berolah raga secara rutin maupun latihan beban. Tapi setiap hari saya naik turun tangga dari lantai dasar ke lantai empat minimal lima kali sehari. Profil saya: umur 46 tahun, tinggi 163 cm, berat badan 78 kg. Apakah dengan ODC versi yang jalani akan mengurangi lemak di badan saya? Terutama di daerah perut.

    Kalau ada yang sudah menjalani ODC minimal selama 91 hari versi seperti saya mohon sharing, ya.

    Semoga semua sehat.

    • Hai Alris,
      Bila alris hari pertama merasakan beratnya OCD maka saya di hari ketiga dan seterusnya. Dan akhirnya di hari sepuluh saya tak sanggup lagi. Kenapa saya sangat kelaparan? ya karena kalori yang seharusnya masuk tidak tercukupi (kebutuhan dasar kalori harian saya sekitar 1100 kal belum ditambah dengan kalori aktivitas, kalo ditotal sampai 2300 kal) akhirnya saya tidak fokus apa-apa selain menahan lapar -_-

      Untuk profil, bung alris bisa menghitung kandungan lemak dalam tubuh (body fat)? Semisalnya diatas 30% maka mau gak mau bung Alris harus tetap memaksa diri untuk berolahraga.
      Pada prinsipnya OCD mampu mengurangi lemak, namun hal tersebut tidak serta merta langsung pada sasaran lemak di perut (mekanisme pembakaran lemak berbeda pada individu) ada yang membakar lemak di lengan dulu atau di paha dulu kemudian baru membakar lemak di bagian perut.

      Beberapa email yang masuk memang sudah meniatkan diri untuk melakukan OCD namun ada yang baru niat ada juga yang baru melakukan 2 sampai dengan 3 minggu. Kita tunggu aja bung Alris, atau bung Alris sendiri yang hendak melakukan sharing?

  2. sebelumnya salut ama adminnya yg keep update coment…seneng punya “pengasuh” yg rajin..heee
    serasa punya suporter n jd semangat nyobain something new (for me)
    now time for question…
    *> knp kok pake waktu min jam setelah bangun tidur?
    *>apa yg terjadi di waktu jam setelah bangun tidur itu?
    itu aja seh…
    thanks be and sukses buat semua…

    • Mbak dian,
      Knapa harus 3 Jam? saya kutipkan berdasarkan ebook versi 1.2 hal 23 “tanpa makan pagi setidaknya 3 jam setelah anda bangun”.
      Dugaan saya, penggunaan 3 jam merupakan patokan untuk memberi batasan mana yang disebut jam untuk sarapan dan jam makan siang. Saya asumsikan bahwa Deddy bangun pagi jam 7 lalu ditambahkan 3 jam maka jam 10 adalah jam yang tepat disebut dengan batas akhir sarapan.
      Benarkan dugaan saya? Berdasarkan pedoman kementerian kesehatan, yang disebut sarapan adalah makan antara jam 6 sampai dengan jam 10.

      Pertanyaan kedua, apa yang terjadi saat tubuh bangun tidur? Yaitu kadar gula dalam darah (GI) di titik paling rendah. Mengapa OCD berhasil? karena dengan GI rendah maka untuk menjaga kelangsungan hidup, tubuh menggunakan cadangan energi dari lemak. Sebenarnya inilah penyebab rasa lapar dan kurangnya energi, tapi disetiap individu berbeda (mekanisme pertahanan tubuh) karena telah terbiasa melewati sarapan maka tubuh merespon bahwa saat itu tubuh tidak membutuhkan asupan apapun dari luar (inilah kehebatan tubuh kita). Bisa gagal? yup, OCD mensyaratkan untuk skip breakfast. Bagi sebagian orang yang terbiasa sarapan, pasti memerlukan adaptasi dan komitmen inilah yang dijadikan pertaruhan. Apakah adaptasi ini mudah? shaum pada ramadhan menjadi bukti, tidak semua orang mampu beradaptasi menahan lapar dan memiliki tenaga di siang hari walaupun sudah shaum setelah 20 hari.

      Semoga jawaban saya g nglindur mbak dian.

      • nah…jadi ada pertanyaan lagi neh…(maaf ya kalo banyak nanya..hee)
        pas waktu puasa sudah berjalan beberapa jam, lalu kita potong di tengah jalan dengan ngemil sesuatu (sedikit aja) apa ada pengaruhnya? umpama metabolisme tubuh jadi kacau atau apa gitu…
        karena saya menangkap penjelasannya saat puasa tubuh kita sedang “bekerja” jadi apa cemilan yg sedikit itu bisa mengacaukan proses “bekerja” itu (jika dilakukan sebelum jendela makan yang di pakai)
        makasih…

      • Banyak bertanya semakin banyak paham mbak dian.. dan tak masalah bagi saya.
        Kalo pertanyaan ini saya tanyakan ke Deddy pasti dijawabnya “Kalo tidur itu matanya terbuka atau tertutup?” So artinya kalo namanya puasa berarti kalori yang masuk harusnya o (NOL). Nah bagaimana bila saat puasa, tiba-tiba kita harus mengemil sesuatu (walaupun sedikit). Bila jumlahnya 0 kalori ya puasanya tetap jalan tapi bila diatas 0.5kal (maksimal kalori) maka puasanya gagal. Bila gagal Puasa lalu apanya yang gagal bekerja? Produksi HGH melambat (versi OCD) dan kondisi gula darah (GI) kembali naik. Bagaimana metabolisme? metabolisme akan baik-baik saja kok.

  3. Hai boleh berbagi pengalaman ? saya juga mulai ikut OCD sejak ditayangkannya di Hitam Putih , sudah 8 hari dengan ini saya mengikuti program tersebut untuk pemula saya berpuasa 16 jam dengan jendela makan 8 jam sempat saya satu hari nak ke 18 jam tapi belum mampu sepertinya jadi balik lagi ke 16 jam , olahraga rutin gym seminggu 4-5 kali latihan beban tentunya dan juga kardio , makanan saya tetap makan nasi merah , sayur , buah pada waktu buka puasa dan makan lagi di jam 5 atau 6 sore tidak terlalu banyak tapi gak bersih biasa mie ayam , bakso , kfc ataupun sbgainya … nah pertanyaan saya nih koq saya stak yah gak turun-turun lagi berat badannya stak di 96 , padahal selama 2 bulan terakhir saya program diet udah turun dari 103 menjadi 97 , semnjak ocd turun sekilo trus tapi stak gitu , apa metabolisme saya kurang cocok sama program ini atau emang turunnya lambat yah ? saya konsumsi suplemen fatburn juga di pagi hari sebelum latihan , saya pria umur 22 tahun tinggi 177 berat 96kg

    • Hai chandra.
      Selama 2 bulan lalu metode diet yang dipake apa? Dan bisakah chandra menjelaskan secara detail body fat awal dan berapa yang turun?
      Lalu apa itu stack? Di dunia bodybuilding definisi tersebut berarti progres yang berhenti baik progres peningkatan massa otot atau progres fatloss. Pada prinsipnya stack terjadi karena tubuh sudah jenuh dan bisa jadi karena sudah beradaptasi dengan metode diet dan teknik latihan. Bagaimana dengan stack chandra? Saya asumsikan stack fatloss. Cara paling mudah dengan memberi kejutan pada tubuh chandra. Bila sebelumnya bukan diet dengan OCD maka tepat bagi chandra untuk beralih ke OCD. Lalu latihannya? Push your limit, please. Beri tantangan pada latihan chandra, misalnya bila sebelumnya beban maksimal hanya 20kg maka paksa dengan tambahan 5kg atau bila cardio tambahkan levelnya.
      Silahkan di coba.

      • Metode diet yang saya pakai selama 2 bulan terakhir , sarapan pagi roti gandum atau oat biasanya siang makan nasi merah dll , malem minum susu … Olahraganya pagi atau siang selama 1-2 jam tapi sy kurang tahu pasti nama alatnya apa biasanya sy pakai butterfly , leg press , chest press , lat pull down , dumble jg sometimes , tapi blm pernah coba pakai bench press dll tergantung mood sih mau main alat apa , selama 2 bulan turun dari 103kg ke 97 kg sebelum sy melakukan program ocd ini , 1mggu lewat sudah saya program ocd ini tapi beratnya hanya berkurang 1kg dan belum ad perubahan lagi , apakah mmg begitu atau lebih baik saya pakai metode diet sy yg lama?

    • permisi…ikutan komen…
      mungkin…(mungkin lho ya…) berat badan candra emang berkurang dikit, tapi lemaknya yg berkurang
      seperti kata mas Dedy semalam di TV, berat dia sekarang udah gak turun, tapi kadar lemaknya yg tetap turun…gitu…

    • Hai Joan.
      Bisa aja bro. Tapi banyak dari rekan-rekan oerdha yang sharing terutama yang lagi muscle building atau bulking kesulitan untuk mengkonsumsi kalori yang dibutuhkan dalam waktu singkat di jendela makan. Saya pun pernah mencoba dan memang kesulitan, sebagai ilustrasi bila kebutuhan kalori harian saya sekitar 2200 kal akan lebih mudah membaginya dalam 5-6 meal dalam sehari (24jam) dibandingkan membagi dalam jendela waktu yang singkat sekitar 8 atau 4 jam.
      Bila kesulitan ini bisa diatasi oleh joan maka OCD bisa dijadikan program bulking.

  4. min mau tanya nih.. pada waktu jendela makan (4 jam, 6 jam, dan 8 jam) apakah boleh mengkonsumsi segelas teh manis? karena saya terbiasa dengan larutan manis itu.. jika tidak kepala saya bisa pusing dan lemas… hehehehe.. mohon balasannya ya mimin.. ^_^

    • Hai winda.
      Selama makan di jendela makan, untuk urusan konsumsi maka batasannya adalah “Jangan Rakus”. Jadi winda bisa makan apa aja, tapi lebih disarankan bila Winda memiliki pengetahuan soal makanan sehat lebih memilih makanan sehat tersebut.

    • hai Andiez.
      Andiez mengetahui dari mana bila BBmu sudah normal?
      BB: Berat Murni + Kandungan lemak. Nah yang disebut normal bila Kandungan lemak di angka 15% s.d 20% (untuk pria) dan 20% s.d 30% (untuk wanita).
      Ingin tubuh kekar ya harus latihan beban dengan sistem overload. Nah DTP atau O7W merupakan latihan yang tepat untuk membuat kekar.

  5. Saya dah Coba OCB ini menurut saya,ini sepertinya banyak mengarah pada pembentukkan saja,karena selama 3 minggu ini saya ikuti OcD ini,bb saya tidak turun banyak…tpi perut buncit saya berkurang.

    • Hai vie
      Olahraga itu banyak manfaatnya loh vie salah satunya adalah anti aging.. cocok buat vie hehehe
      Diet atau pengaturan makan memang bisa menurunkan BB tapi kalo kadar lemaknya tinggi harus dibarengi dengan olahraga. Olahraga inilah yang menjadi faktor tubuh menggunakan energi cadangan dari lemak.

      • kalo tanpa olah raga apa hasilnya akan lama sekalipun menerapkan pola 2x24jam dan kombinasi 4/6jam jendela makan dalam seminggu?

  6. ocd udh 2minggu.. tp BB g turun, lemak di perut jg kaya nya g kurang2. pengen tes kadar lemak g ada alat nya..
    saya emg udah biasa makan sehari sekali atau dua kali.. BB jg g terlalu tinggi. tp buat tau lemak nya g bisa..
    gimana tuh min?

  7. saya sudah turun 3 kg dalam 2 minggu makan yang biasa saya makan klo ke warteg atau warung nasi, usahakan mencukupi gizinya seperti tambahan buah dan sayur waktu masuk jendela makan dan saya cukup senang dengan hasilnya tanpa membuat saya lapar karena entah kenapa setelah jendela makan saya terasa kenyang ampe malam dan di pagi hari hingga siangnya saya tidak merasakan lapar mungkin sugesti atau memang saya sudah terbiasa tidak makan pagi, pada awalnya berat karena saya memulai hari dengan minum kopi atau susu sedangkan deddy menganjurkan air putih tapi setelah beberapa hari hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi sekarang sedang di minggu ke 3 kelihatannya turun 1 kg lagi belum nimbang hehehe… yang penting dalam diet ini adalah simplenya dan kemudahannya sehingga orang mudah menjadikan ini gaya hidup tanpa mengorbankan uang, waktu ataupun cari sana sini makanan yang dibilang sehat (cukup mahal terkadang) cukup makan yang biasa da di warung nasi inget tanpa rakus, diet ini jadi menyenankan karena ketika teman makan siang soto saya pun bisa ikut makan siang dengan menu dia hohoho… yah yang penting saya sudah dapat hasil jadi saya hanya mencoba share pengalaman Btw beberapa diet sudah saya jalani tapi kesulitan dengan menu sehat entah itu sulit didapa atau harganya yang agak mahal jadi hanya seminggu gagal, hmm tapi ini berhasil dan sudah menjadi gaya hidup saya 3 minggu ini ,, salam hangat dan sehat

    • Hai wisnu,
      Senang mendengar pengalaman wisnu mengenai OCD. Tapi ada beberapa hal yang mungkin bung wisnu belum ketahui tentang OCD.
      Sedangkan soal apakah selain OCD mengorbankan uang atau kesulitan, ehm mungkin pengetahuan wisnu tentang makan sehat belum di upgrade sehingga asumsi wisnu mengenai makan sehat terbatas.

      • Hai Andrian.
        Sebelum jawab pertanyaanmu, saya perlu tahu apakah salah satu dari orang tua Adrian ada yang pernah kena hernia? Bila iya, maka potensi Andrian adalah SANGAT MUNGKIN. Bahkan jangankan angkat berat, bersinpun bagi Andrian akan dapat menyebabkan hernia.
        Jadi bukan masalah angkat berat di posisi berdiri bisa menyebabkan hernia. Search aja di google bagaimana hernia bisa terjadi bro.
        Untuk mengurangi potensi hernia adalah menggunakan celana dalam khusus.. banyak kok di toko olahraga.
        Kalo pengen aman ya harus operasi, gak hanya bisa dipijat.

    • Bro…
      Cara terbaik untuk antisipasinya dengan menggunakan celana dalam anti hernia… karena hernia hubungannya dengan organ dalam bagain bawah dengan (selangkan) jadi angkat beban sambil duduk ya bakalan tetap kena.
      Oh ya sabuk fitnes pun gak memberi pengaruh apapun ke hernia… percaya deh

  8. Min mau tanya, kalo ngemil pas jendela makan itu boleh ga? Atau pas jendela makan itu yg boleh makan apa aja asal jgn rakus, cuma berlaku buat makan besar aja(kyk makan siang gitu). (Jawabnya boleh atau tidak aja ya, jgn gantung). :)

    • Hai ari.
      Sebelum saya menjawab pertanyaan Ari, ada baiknya Ari paham apa yang dimaksud jendela makan dan puasa.
      Kalo puasa pasti sudah jelas, bahwa prlaju diet dilarang memasuki makanan apapun dengan ketentuan maksimal 0,5kal. Lalu bagaiamana dengan jendela makan? Jendela makan adalah jeda waktu diantara 2 puasa dmana pelaku diet diperbolehkan makan.
      Lalu apa aja yang disebut makan? Makan siang=makan, makan malam=makan dan ngemil=makan… jadi selama jendela makan semua yang dimasukan ke dalam tubih disebut makan..

  9. Itu tuh masalahnya para dieters yg pengen enaknya aja.. Diet itu bukan sekedar untuk nurunin berat badan tapi juga untuk menyehatkan organ2 tubuh. Cntoh, olh raga kardio tidak dipaksakan dillkukan di ocd, tapi bukan berarti ga boleh dilakukan.. Kardio bagus untuk jantung.. Begitu juga mengkonsumsi sayur.. Gara2 d ocd dibilang boleh makan apa aja trus mereka jadi makannya sembarangan dan daging doank.. Sayur dan buah itu penting dan digunakan untuk mendukung program diet apapun..

    • Hai Ella..
      Karena kita hidup dimana semuanya serba instan, makanya saat ada sebuah diet yang memberikan jaminan sukses tanpa susah payah, berlomba-lombalah orang mengikuti diet tersebut tanpa mengkritisi fungsi dan manfaat diet tersebut.

  10. Baru kmarin lusa malem tau tentang OCD krn ada temen bilg ini something yg lagi booming saat ini…
    Langsung deh ane donlod ebook nya, ane baca2, trus pas liat di yutub trnyata ada rekaman hitam putih episode OCD…

    dan komen ane tntg OCD ini : gak ada hal baru menurut ane dlm OCD. Pola makan di OCD ini udah ane terapin hampir 2 tahun terakhir.

    Ane mahasiswa teknik, dan pd tau sndri kan gmn ribetnya anak teknik. lembur begadang garap laporan, project, belum lgi qlo ada PR atau besuknya ada kuis…sarapan ga pernah, tp makan siang ambil 2 porsi atau siangnya makan seporsi terus habis ashar makan lagi seporsi (Tp ya gak ngawur menu nya…ttep dipikirin kandungan gizi nya). malemnya kembali jadi vampir mnghadapi tuntutan kuliah (kcuali qlo bener2 perut melirit baru kluar cari gorengan aha). mirip kan sm jendela2 atau apalah yg ada di OCD..
    dan normal2 saja kndsi ksehatan ane. Badan jd kurus jg (awal jd mahasiswa ane gemuk. Dg tinggi 167 cm berat ane skitar 75 kilo. Sejak dihajar sm kuliah & pola hdup brubah jd gitu, berat ane jd stabil di angka 61 kg). Belum prnah mngalami sakit parah kaya temen ane yg usus buntu atau kolesterol. paling banter cm batuk & flu krn keadaan cuaca yg fluktuatif..

    Ane ga nge-gym (gak ada wktu plus gak telaten), tp hmpir tiap hr lakuin variasi push-up/sit-up krn hobi nnton smack down jd ada keinginan pnya badan kya atlit smack down…cukup kbentuk kok badan ane (meski ga sebagus pnya dedddy. mgkin krn ga seintensif dia + ga dilakuin di gym)

    jd menurut ane nih metode aman krn tanpa sadar an udah ngelakuin ini sejak lama ^^

    • Hai Azzrule,
      Saya merasakan perasanmu saat menjadi mahasiswa, saya juga lulusan Teknik Mesin hanya saja jalan hidup membuat saya bekerja di perbankan dan personal trainer hehe.
      Untuk pernyataan apakah OCD itu aman atau tidak, variabelnya banyak bro.. pertama dari kondisi tubuh pelaku diet itu sendiri dan pola konsumsi dia selama jendela makan alias kebutuhan nutrisi. Jadi belum tentu orang yang sixpack bisa dikatakan sehat bila kebutuhan nutrisinya ngawur, sedangkan tubuh atletis tapi kebutuhan nutrisinya benar ya bisa disebut aman.
      Kalo saya lebih merekomendasikan OCD untuk orang yang memiliki kadar lemak diatas 30% alias obesitas dengan pola nutrisi yang bersih selama di jendela makan. Setelah kadar lemaknya normal, tentu saya rekomendasi pindah ke metode diet lain.
      Prinsip ini lebih fleksibel karena tidak menganut pada satu metode diet tertentu, seperti OCD, Soutb beach atau yang lainnya.
      Tapi balik ke masing-masing individu bro, mereka mau nyaman seperti apa. Kalo saya lebih nyaman makan sering (5x makan besar dan 3x snack) dibandingkan harus puasa 16 jam lalu makan sebanyak-banyaknya.

      • Kalo aku sih mending makan sering tp ngurangin kalori….drpd harus puasa…trus intensif latihan beban and cardio..karena menurutku cara paling ampuh buat bakar lemak ya cardio…kalo pgn body shaping ya angkat beban as simple as that…semua tergantung dr optimisme dan niat…dulu badanku cuma 55 kg dgn tinggi badan 172 cm…setelah 10 bulan ngurangin porsi kalori +workout + kardio skg berat badanku 67 kg yg aku rasa n pendapat temen2 ku proporsional…ga gedhe bgt ga kurus2 bgt…tp lebih ke padat dan kering…utk suplemen aku lebih memilih ke whey protein,kadang whey pro concentrate biasa,kadang isolate kalo ada duit lebih,nah kalo kelebihan pake yg whey isolate hydrolized…ga pake puasa2 an lah…kasian lambungnya….kalo udah kena maag malah berabe ntar…bahaya….just stay healthy with exercise n control your food…itu aja “Menurut pendapat saya”

      • Saya tambahkan ya bro.
        1. Sebelum warrior diet/OCD/IF booming, ada satu diet yang terbukti paling ampuh dan jadi pedoman bagi pelaku diet yaitu diet makan sering atau diet lambung isi atau ada yang menyebutnya sebagaib diet bodybuilding. Bagaimana metodenya? Diet bodybuilding lebih fleksibel dari yang dibayangkan selama ini. Diet ini fokus pada lambung yang tidak boleh kosong sehingga diet ini mampu beradaptasi dengan metode diet apapun kecuali OCD, seperti southbeach, atkins, high protein, low carbo atau metode diet nutrisi lengkap.
        2. Lebih tepatnya bukan cardio.. tapi ke intensitas jantung. Sehingga saat intensitas denyut jantung berada di zona pembakaran tak peduli gerakannya. Nonton film horor pun silahkan saja asal denyut jantungnya berada di zona pembakaran dan konsisten selaa 15 menit lebih.
        3. Rumus body transformasi ada 3 hal plus 1 optimal; diet, workout, istirahat dan suplemen. Suplemen merupakan tambahan untuk mengoptimal 3 hal sebelumnya. Jadi suplemen bukan hal wajib melainkan opsi.
        4. Kembali ke kenyamanan masing-masing.

  11. Hello… Nama saya Nina. Di sini saya cuma mo bagi pngalaman saya slama manjalani OCD. So far its working.
    Satu2x ksalahan saya adalah ketika hari prtama saya mlakukan diet ini, sy lupa nimbang BB saya. Hari ke-4 timbangan saya adalah 87 kg. Saya rasa BB saya turun karna i used to see 90&91 kg di timbangan tiap kali saya nimbang badan ha!!! Trs tadi saya coba nimbang lagi ehhh thanks God!!! I saw 83 kg di timbangan :))
    Sekilas info saya mulai program ini tgl 20 september 2013. Baru seminggu emang. Dampakx Blom kliatan yg gimana2 pada body saya yg jls all i know BB saya turun.
    Trs manfaat yg saya rasakan :
    1. Maag saya prlahan2 brkurang. Saya adalah org yg memiliki tipe maag gak bisa mkn yg asam2 ato pedas klo perut lg kosong. Tp hari ke 3 sy mnjalani OCD saya buka puasa dgn ikan bakar + ra’cak mangga( mangga muda dicacah halus+lombok) yg pedasssssss bnget. And it was just a miracle!!! Nothing happened at all :))
    2. Saya adalah perokok aktif. 1 pack/day… :/
    Tp 4 hari mnjalani OCD keinginan merokok sy rada2 brkurang. Yg tadix 1 bks itu morning – morning skrg bisa morning – afternoon! Isnt it amazing? ha!! Gak tau ya itu krn OCD ato memang saya yg sbenarx pngen lepas dri rokok. Who knows?? Yg jls itu trjadi pda saat saya ikut OCD..
    3. Skipping breakfast mmbuat saya lbih aktif dlm braktivitas. Anyway, im a housewife. Rmh lbih bersih dan rapi ha!
    4. Saya seorang insomnia. Most i went to sleep at 4 or even sometimes 5am and woke up at 8 am. Sangat kurang ya jam tidurx..Tp sejak ikut OCD, skrg saya biasa tdr jam 1 ato jam 2 subuh dan bngun jam 8 ato jam 9 :)
    Pas nulis ini udah jam 1.08 am and trust me feelin damn sleepy tp sy rasa sy prlu aja brbagi pngalamn. Semoga aja bisa mmberi semangat supaya gak ragu ikut OCD :)
    Good night…

  12. Hello nama saya Shanie. saya sudah lama tahu mengenai OCD tapi blm berani utk mencoba karena OCD menyarankan puasa tapi boleh minum air putih atau teh tanpa gula. yang saya tanyakan adalah apakah teh tanpa gula tidak berdampak terhadap ginjal terutama dalam jangka waktu panjang.Terima kasih.

    • Hai Shanie.
      Menarik pertanyaanmu. Boleh saya balik bertanya? Darimana Shanie mengetahui bahwa “teh tanpa gula” memberikan dampak pada ginjal?
      Karena sepengetahuan saya, banyak zat yang dapat mempengaruhi ginjal dalam jangka panjang jadi tak hanya teh tanpa gula.
      Justru gula bila dikonsumsi lebih banyak memberi kerugian dibandingkan manfaatnya. Tahukah Shanie bahwa gula merupakan junkfood termurni saat ini?
      So… jangan terlalu takut akan mitos yang mengatakan bahwa kopi pahit atau teh pahit membebani ginjal.
      Memang ada banyak hal yang dapat membebani ginjal seperti creatine atau penderita diabetes yang ginjalnya sudah sangat bekerja maksimal.

  13. hai min. saya randi
    saya mengikuti OCD udah hampir satu minggu, tapi kenapa ya BB saya tidak turun juga. tapi kalau dilihat dari ukuran baju dan celana sudah berkurang. itu kenpa yaa ? terus terang saya tidak suka dengan olahraga. di tunggu jwbnya. thanks

  14. ikut nanya donk min,, kalo pas kita ngejalanin ocd trus kita buka di tengah jalan karna alesan ga kuat atau jua sakit dan butuh mkn apakah akan berpengaruh dengan ocd yng sudah di la sebelum-belumnya? atau bisa di katakan si berart bdan dan kadar lemak lgsg naik drastis?

    • Hai ian,
      kalo cuma gagal ditengah jalan dalam sehari, efeknya tidak akan naik drastis asal rakusnya ian tidak menggila. Bila emang sakit dan butuh recovery berhari-hari, pastinya ada pengaruhnya tapi kembali ke menu makanan yang masuk ke perut.

  15. hallo min, nanya dong. kalau pada saat puasa minum kopi hitam tanpa gula bole ga? trus kalau saya bangun jam 530 pagi, saya breakfast jam 830 pagi bole?thanks yah

  16. Ping-balik: DIET CEPAT | dwiwilliam28's Blog

  17. intinya kalau mau nurunin berat badan itu ya, kalori in < kalori out
    untuk memperbesar kalori out ini ada dua cara : membatasi kalori masuk , dan membakar kalori
    mau kita makan junk food kek, makanan sehat kek, jus kek, tetep aja turun
    mau pake cara ocd, cara makan 5-6x sehari, ketogenic diet, low carb diet apalah itu semua bermuara ke counting calories, bagaimana kita bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk perharinya, terlepas mau gimana tipe makannya
    tapi yang turun itu lemak, otot atau cairan tubuh itu yang perlu dianalisis, apalagi apakah cara dietnya membawa dampak negatif ( makan junk food,over pprocessed food, stress)
    dan efek-efeknya terhadap aktivitas hormon ditubuh ,maka muncullah beragam jenis diet disertai pro dan kontra nya
    kalau dari saya prefer ke cara intermittent fasting, karna lebih baik untuk pembakaran lemak dan perbaikan regulasi hormon di tubuh
    intermittent fasting ini juga banyak tipe ,
    ada eat stop eat – Brad Pilon, warrior diet – Ori Hofmekler, leangains – Martin Berkhan, alternate day fasting – James Johnson dan fast diet – Michael J Mosley (ga tau lagi mungkin ada yang lainnya)
    tiap metode mereka beda beda tipis dari jumlah jam makan , nutrisional , dan tips fitness
    saya setuju sama penulis, diet itu jangan dijalanin suatu masa aja, kalau bisa itu fit dan nyaman di lifestyle kita,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s