Saatnya Diet (Lagi)

Saat memperhatikan diri di cermin dalam kamar, dimana membesarnya lengan berbanding lurus dengan membesarnya lingkar perut dan celana kantor yang semakin terasa sempit dari hari demi hari akhirnya memaksa saya untuk  kembali menghitung kadar lemak menggunakan fat loss monitor dan hasilnya : Berat 70 KG dan kadar lemak 21.7% yang artinya obesitas

Melihat hasil yang mengejutkan segera saya mengevaluasi diri: Workout .. ehm untuk urusan ini, ke gym bisa seminggu 4-5 kali dengan intensitas medium-high. Urusan makan, dalam sehari 6-7x diantaranya 3 kali makan sisanya ngemil. Untuk urusan istiraht, minimal 6 jam dalam sehari saya luangkan untuk tidur malam.

Melihat 3 parimeter diatas, akhirnya disimpulkan untuk urusan makan saya masih belum benar-benar bersih. Okelah, saya akui makanan yang digoreng benar-benar tidak bisa dihilangkan dari menu keseharian. Selalu saja ada sesuatu yang di goreng di sarapan pagi atau di menu makan siang, walau saya sudah maksimal mengurangi.

Lingkar perut pun akhirnya memaksa saya membuat keputusan ini: Proyek Penurunan Lingkar Perut (Diet Lagi)

So, langkah pertama proyek penuh ambisi ini dengan memperbaiki:

  1. Workout
  2. Food
  3. Supplement
  4. Rest

Workout

Untuk urusan yang ini, sebenarnya tidak perlu saya rubah mengingat selama ini workout saya sudah sesuai. Namun, untuk mengimbangi niat tersebut tak apalah workout berganti model biar makin semangat aja. Lalu dimana panduan workout yang tepat?

Saya ambil dari HRT: Animal Hellraiser Trainer

Konsep workout Animal by Universal Nutrition begitu mempesona. Tidak ada salahnya dengan niat baru, saya mencoba konsep ini.

Food

Meninggalkan sesuatu yang tidak digoreng adalah suatu hal yang mustahil tapi menguranginya pasti bisa. Menunya? masih sama tapi kali ini untuk karbohidrat dari nasi atau roti dihilangkan dari daftar menu digantikan dari semangkuk sayuran (Saran dari mas ade rai.. makasih banyak mau meluangkan waktunya). Snacknya pun, yang biasanya roti tawar berlapiskan keju non fat harus disingkirkan berganti amino bar atau cookies low calorie atau sepotong buah (Saran dari Denny Santoso.. terima kasih telah meluangkan waktu untuk membalas twitter dari saya).

Daftar menunya? Cek aja di Duniafitnes.com

Supplemet

Walau Ade Rai selalu menekankan pentingnya Real Food dibandingkan penggunaan suplement, pemilihan makanan yang bersih lebih diutamakan dibanding pemakaian suplement yang harganya mahal. Namun, untuk proyek kali ini saya memilih menggunakan suplement. Alasannya? Suplement akan mempermudah dan mempercepat urusan penurunan lemak. Suplement untuk proyek ini antara lain:

  • Ultimate Ultra Ripped, untuk meningkat metabolisme

  • Ultimate Prostar, mencukupi kebutuhan protein

  • L-men Amino Bar, snack yang sehat

  • WRP Diet Cookies, snack malam hari

Istirahat

Jam 10 malam harus segera menutup mata dan bangun jam 04.30… Disiplin? HARUS

Sebuah proyek apapun tujuannya tidak akan berjalan tanpa adanya sokongan dana, oleh karena itu untuk ambisi ini pun tak akan berhasil bila hanya dilandasi oleh Niat tanpa Sarana dan Alokasi Dana. Member gym dan suplement merupakan dua hal yang paling membutuhkan dana. Tipsnya: Pilih gym yang ada diskonnya atau jangan malu untuk mendaftar di gym ala kampung, toh semua gym (tempat fitness) pada intinya selalu sama hanya fasilitasnya yang membedakan mahal atau tidaknya. Untuk suplemetn juga sama, bila dihitung secara kasar pembelian suplement secara satuan dan terpisah dari berbagai macam merk akan lebih murah dibandingkan membeli paket diet dari satu merk tertentu saja. (Detailnya akan dihitungkan lain kali).

Niat, Sarana dan Alokasi dana sudah tersedia. Tinggal bagaimana menjalani proyek ini dengan disiplin dan dedikasi tinggi.. Goalnya: tunggu saya di L-men 2013 hehe

Sumber: Body Building, Sportindo.com, wrpdietcenter, BinaragaNet

2 thoughts on “Saatnya Diet (Lagi)

  1. Mas, mo tanya…, dimana alamat di semarang yang dapat dituju untuk pembelian produk2 nutrisi seperti ultimate maupun weider. Saya pemakai ultimate dan weider. Kebetulan saya sering main ke semarang. Saya dari luar kota. Kalo ada alamat dan nomer telepon tempat tersebut, infokan ke saya, jika tidak keberatan direct to email (ramadiansa@yahoo.com)… Terima kasih sebelumnya. Sukses selalu programnya…

  2. Ping-balik: Menuju Body Transformasi | oerdha

Tinggalkan Balasan

