10 Suplemen Terbaik Pembentukan Otot

Memilih suplemen terbaik yang Anda butuhkan di antara sekian banyak produk yang ditawarkan pasar pasti membingungkan. Belum lagi fakta bahwa BPOM belum sepenuhnya melakukan pengawasan terhadap suplemen yang beredar di pasaran. Sebelum berniat membeli produk suplemen tertentu, ada baiknya saya bekali dengan pengetahuan dasar mengenai istilah suplemen pembentuk otot.

Whey protein powder
Asam amino turunan dari protein yang penting untuk membangun otot. Berapa kebutuhan protein setiap orang? 1-2 gr protein per KG berat badan/harian untuk pembangunan otot maksimal.

Glutamine
L-glutamine yang berlimpah didalam tubuh akan mencegah penyusutan otot dan membantu recovery. L-glutamine digunakan sebagai suplemen post- workout.

Branched Chain Amino Acids (BCAA)
BCCAs baik digunakan sebagai suplemen pre-workout karena dapat meningkatkan stamina selama workout dan mengurangi kelelahan pada otot. Kandungan BCAAs antara lain leucine, isoleucine, dan valine tiga unsur yang berperan dalam pembentukan serat otot baru.

Glucosamine
Diduga senyawa ini untuk meningkatkam kesehatan persendian dan menimalisir kerusakan pada tulang rawan di lutut dan persendian lainnya.

Creatine
Tubuh secara alami memproduksi creatine untuj mengisi kembali ATP (adenosine triphospate) di otot. Suplemen creatine baik digunakan untuk proses bulking karena fungsi creatine untuk meningkatkan massa otot.

Carnitine
Belum ada penelitian untuk membuktikan fungsi canitine sebagai pengikis lemak tubuh. Namum sejatinya carnitine secara alami  berfungsi mentransfer lemak ke mitchondria sebagai pembakar lemak untuk memproduksi energi.

Nitric Oxide (NO)
Sejatinya merupakan gas yang dihasilkan tubuh untuk membantu peredaran darah sehingga memperlancar distribusi nutrisi ke otot selama berlatih intens. NO baik dikonsumsi sebagai suplemen pre-workout.

Hydrox Methylbutyric acid (HMB)
Produk sampingan metabolisme leucine, berguna untuk meningkatkan pembangunan serat otot.

Kafein
Kafein terbukti dapat membantu mengikis lemak dalam tubuh dan juga mampu mengurangi kelelahan selama workout berlangsung. Batasan aman? 400 sampai dengan 600 mg.

Multivitamin
Anda salah bila berpikir tidak memerlukan suplemen ini dalam porsi diet. Pada kenyataannya pengaturan diet yang baik pun belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda butuhkan.

 

UPDATE

Untuk mengetahui jadwal dan tarakan yang tepat penggunaan suplemen diatas, bisa cek di Waktu dan Dosis

14 thoughts on “10 Suplemen Terbaik Pembentukan Otot

  1. Terimakasih atas beberapa pengetahuan dasar untuk pemilihan suplemen fitness yang Anda tulis, tentu akan sangat berguna bagi mereka yang masih awam dalam pemilihan suplemen fitness. Pengetahuan dasar mengenai suplemen fitness tentu sangat dibutuhkan, terutama bagi pemula. Mereka seringkali bingung mau memilih suplemen seperti apa, karena kurang paham mengenai kegunaan dan manfaatnya, yg mereka tau hanya goal atau tujuan akhir yang ingin dicapai, bentuk tubuh akhir yg diinginkan tanpa mengetahui detail jenis suplemen yang harus dikonsumsi🙂

    • TokoSuplemenOnlineKu.com sapa yang tidak kenal online shop yang satu….
      Saya mengenalnya saat masih bernama TokoSuplemenOnline tanpa “ku”.. Perubahan nama ini awalnya karena masalah teknis, tapi sepertinya tambahan “ku”memberi dampak positif loh.
      Untuk menghubungi tokoSuplemenOnlineKu.com bisa dihubungi di 085880001828 atau pin 285EC786 .
      Bila Bro dan Sista pesan produk di toko ini… bilang aja “Saya kenalan Oerdha” dijamin dapat diskon …. yakin deh.

  2. Ping-balik: fitness ala deddy corbuzier | Fitness Tips and Health Tips

  3. Selamat malam Mas oerdha….saya Mau mulai program fitness saya setelah 6 bulan vakum. Program fat loss Dan pembentukan otot. Apakah mas punya rekomendasi stack yang harus saya Pakai? Produk yang halal ya mas. Terimakasih.

    • Halo mas Agus…
      Suplemen untuk stack sebaiknya berupa protein powder, preworkout, bcaa dan pilihan fat burner yang bijak adalah L-Carnitine.
      Pilihan merk, kalo mengutamakan halal dan premium pilih saja twinlab.
      Bila memilih merk premium dan tidak ada bahan dari babi pilih kaged muscle, jym suplement atau black skull namun suplemen tersebut jarang ada di indonesia.
      Kalo ingin yang mudah ditemukan di indonesia, non berbahan tidak halal, dan berkualitas premium bisa memilih muscletech (muscletech ada yang premium ada juga yang murah meriah) atau pilih saja dymatize cukuplah seimbang antara murah dan kualitas.
      Lebih mengutamakan ekonomis? Pilih mutant atau 4DN.

      Semoga bermanfaat.

  4. Terimakasih atas rekomndasinya mas…saya barusan diberi rekomendasi untuk menggunakan UR FAF Dan Amino 2000…menurut informasi…halal versi IFANCA….Apakah Kedua suplemen tersebut bisa saya Pakai untuk program fat loss Dan pembentukan otot?….Kalau ada tambahan suplemen lain…suplemen apa yang harus saya Pakai?….Terimakasih mas….

    • Sepengetahuan saya hanya UR FAF tidak ada lisensi IFANCAnya, hanya MuscleJuice yang rasa plain dengan Amino 2000. Tapi UN sudah menjamin bahwa bahan mereka tidak ada yang berbahan tidak halal versi kohler (bukan versi halal islam).
      Jadi bisa aja dipake.

      Yang menarik adalah pilihan mas agus mengenai Amino. Saya memang belum mengetahui alasan mas Agus memilih amino. Hanya saja bila saya harus membandingkan amino dengan protein powder dalam hal ini whey, mas Agus harus memahami dan mengerti fungsi kedua produk tersebut.
      Walaupun amino adalah turunan dari whey dan fungsinya sama persis tapi ada perbedaan mencolok yaitu whey untuk makro nutrisi sedangkan amino untuk mikro nutrisi (saya berusaha menyederhanakan bahasanya agar mudah dipahami). Sehingga bila mas agus belum mampu memenuhi kebutuhan protein harian mas agus namun menggunakan amino maka hasilnya sama aja sia-sia.
      Semisalnya mas Agus sudah memenuhi kebutuhan protein dari real food lalu memilih amino maka saya setuju dengan pilihan mas Agus namun bila kebutuhan protein mas Agus belum terpenuhi ya sebaiknya kita siasati dengan memilih whey sebagai suplemen yang perlu ada.

      Saya urutkan pemilihan suplemen awal untuk pemula, nanti mas Agus tinggal memilih.
      Muscle building:
      1. Whey
      2. BCAA
      3. Creatine
      4. Glutamine
      Fat Loss:
      1. Fat burner
      2. L-Carnitine
      3. CLA
      Pelengkap
      1. Pre Wo

      Cara membacanya, no 1 adalah utama sebelum memilih suplemen di urutan berikutnya. Urutan ini saya buat berdasarkan efektif dan nilai ekonomisnya. Karena bagaimanapun harga suplemen cukup membuat kantong bolong hehehe…

      Semoga bermanfaat… bila ada pertanyaan lain tinggal tanyakan saja.

      • Alhamdulillaah…Terimakasih banyak atas rekomendasi Mas oerdha….jadi mantap memilih suplemen yang sesuai dengan kebutuhan saya….syukraan Mas….

    • Halo bro…
      Creatine yang menggunakan loading biasanya merupakan creatine murni yaitu creatine monohydrate, sedangkan creatine yang sudah gak pake loading biasanya creatine yang di modifikasi atau creatine baru.
      Bedanya lagi creatine monohydrate berbentuk bubuk, hambar, mudah larut dalam air namun inilah creatine yang benar-benar diuji.
      Sedangkan creatine terobosan baru, lebih mutakhir, berbagai macam bentuknya bisa bubuk kapsul atau berbentuk cair, bahkan kini ada yang berasa. Namun, creatine ini belum diuji kalopun sudah diuji maka pengujian dilakukan oleh pemegang merk yang objektifitasnya bisa jadi dipertanyakan.

      Lalu bagaimana pilihannya? Saran saya bila ini pertama kali menggunakan creatine maka pilih yang paling asli yaitu creatine monohydrate berbentuk bubuk. Konsumsinya bisa pre atau post workout. Tapi ingat, creatine ini mudah larut dalam air sehingga harus segera dikonsumsi saat tercampur air.

      Bila ini penggunaan kesekian kali dan ingin coba-coba tidak ada salahnya yang menggunakan creatin modifikasi.

      Selamat mencoba

      • terima kasih banyak mas. maaf mau tanya lagi tapi agak keluar dari konteks tulisan sampean yang ini. Gini saya baru 2 bulan latihan fitness, dan paling suka latihan otot dada tapi minggu2 ini saya lihat di kaca otot dada saya agak besar sebelah, itu kenapa, dan solusinya gimana ya? sebelumnya makasih banyak mas.

      • Hai bro…
        Sebenarnya kalo pertumbuhan otot itu besar sebelah adalah keniscayaan alias wajar aja. Sedangkan besar sebelahnya di kanan atau dibagian kiri biasanya tergantung dominan orang menggunakan tanggan kanan atau kiri, kalo dominan tangan kanan ya pertumbuhan otot sebelah kanan lebih besar dibandingkan sebelah kiri begitu juga sebaliknya.

        Namun sebelum memutuskan “sebesar sebelah adalah kewajaran” maka cek dulu:
        1. Sudahkah latihan menggunakan teknik yang benar alias good form dalam latihan.
        2. Selalu gunakan variasi angkatan dalam latihan semisal kalo basic ya barbell Chest Press, bisa divariasikan dengan Dumbbell Chest Press lalu variasakan dengan Smith Machine Chest Press.
        3. Jangan hanya memfavoritkan satu grup otot sebab grup otot antagonisnya justru akan melemah sebagai contoh bila favoritmu adalah otot dada maka secara otomatis otot punggung (back) akan melemah. Kalo pun ingin memfavoritkan grup otot, maka jadikan kaki adalah grup otot utama yang perlu mendapat fokus lebih. Sebab grup otot kaki, satu-satunya grup otot yang bisa dilatih setiap hari selama 3 bulan.

        Nah solusinya:
        1. Bagi dengan adil latihan untuk grup otot.. chest:back:shoulder:arm harus seimbang kecuali kaki.
        2. Variaskan teknik angkatanmu, kelemahan pemula ada latihan menggunakan smith machine. Padahal Smith Machine diciptakan bukan untuk pemula. Jadi salah persepsi.
        3. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s