Rekomendasi Suplemen Fitnes

Beberapa hari ini milis Binaraga.net agak sedikit ramai dari biasanya… Bila sebelumnya milis seperti mati suri karena sepi dari sharing dan tanya jawab, maka pada tanggal 29 Februari 2013 di mulai dari sebuah pertanyaan “standar” milis binaraga.net menjadi ajang uji pengetahuan.. sisi positifnya? semua berpendapat dan terbagi menjadi 2 kubu. Sisi negatifnya? rasanya tidak ada..

Berikut saya sampaikan topik yang membuat milis menjadi “HOT”

(R. Dwi, 29 Feb 13) Salam hangat dari Papua,, Untuk penurunan berat badan dr (dari) type basah ke type kering baik nya menggunakan suplemen yang seperti apa?? mungkin perlu direkomendasikan merek yang akan saya gunakan. Setelah berat badan turun langkah selanjut nya menjaga otot tetap
terlihat kering dan ideal suplemen yang digunakan

(Mirza, 1 Maret 2013) Hari gini masih zaman yah pakai suplemen? Saya sebagai personal trainer tidak pernah merekomendasikan klien saya menggunakan suplemen its useless, kalo teman2 lihat pekerja bangunan (kuli) teman2 melihat badan mereka kering dan berotot pertanyaan saya apakah mereka minum suplemen jawabannya tidak tapi badan mereka bagus

(Dony Devada, 2 Maret 2013) Betul. Setelah jadi kuli sepuluh tahun. Kalo bisa punya badan bagus dalam 3
tahun karena suplemen kenapa harus nunggu sampai 10 tahun? Apalagi fitness 20 tahun pake supplemen. Tambah wokeh tuh body. Liat branch
warren, flex lewis, jay cutler semua badannya jadi. Dan itu bukan karena
mereka nguli 10 tahun.

(Henri Hartono, 4 Maret 2013)Bener bro kalo elo kerja berat selama 8 – 10 jam setiap hari gak perlu suplemen karena apapun yang elo makan jadi energi🙂

(Melkyu, 5 Maret 2013) Menanggapi kuli bangunan, sorry bro tentu saja beda, absolut beda, jangan samakan binaraga ama kuli. Pemahaman yg sempit. Supplement disini punya peran yg penting tapi bukan harus loh. Jd kl mampu,….monggo silahkan beli, tp. Kl gk mampu yah silahkan saja juga makan makanan alami. Dua2 bisa saja membentuk badan ideal, tapi waktu lah menentukan, jelas gizi dan nutrisi yg di butuh tubuh itu tdk pernah bisa terpenuhi secara complete hanya dgn makan makanan alami apalagi bagi orang yg sibuk bekerja. So think before you speak friend.

(Hermanawan_9, 5 Maret 2013) Sebelum memulai program apa pun, pola makan harus dirubah. Kalori dihitung. Pola latihan harus teratur. Makan makanan yg bernutrisi. Kalau masih belum tahu pola makan, pola latihan, jumlah kalori, gak perlu pake suplemen, cuma buang2 uang

(Ryntoodmk, 5 Maret 2103) Setuju banget dgn pendapat dari agan Mirza, sbnrnya suplemen itu akal2an marketing aja mnrt saya. Sering kali orang fokus pada suplemen apalagi sdh iklan nya agak bagus dikit, bintang iklan nya agak ganteng dikit atau agak cantik dikit.
Yang penting menurut saya pemahaman kita tentang cara kerja tubuh manusia dan berlaku hukum kekalan energi di dalam nya.

(Ifan, 5 Maret 2013) Hahaha… Berarti pengetahuan bro msh kurang bgt tentang suplement. At jgn2 bro mantan atlit kuli bangunan ya? Wkwkwk… Protein cpt serap sgt penting, terutama selesai latihan n it didptkan dri suplement brpa whey at gainer tergntg kbtuhan. Kalo protein alami ya dicerna dulu, min 2 jam. Keburu kempos dnk otot yg di latih td. Gt bro…

(Mirza, 5 Maret 2013) Yah ane sekedar sharing aje mas bro, pengalaman sebagai pt, kan lebih murah dan sehat, selanjutnya terserah anda, oh ya di milis ini pada mau jadi atlit yah?

(Rizkihs, 7 Maret 2103) Saya minta ijin memberi pendapat.sesuai namanya.suplemen itu hanya sebagai pelengkap.jd terserah masbro masbro disini mau pake suplemen apa ga.yg penting olahraganya.toh minum suplemen sbnyk apa pun klo ga olahraga+diet ga diatur ya percuma.dan satu lg,jgn demi suplemen trus bela2in ga makan gara2 duit abis buat beli suplemen

(Ferry_reyz, 7 Maret 2013) Hadeeeehhh,,,
Klo mw buat badan bagus, ga usah pke suplement bro!
Suplement itu sama aja ky steroid!

Minum Suplement, 3 bulan aja dah kelihatan hasil’nya,,,,
Tapi,,,,
Klo stop suplement, sama aja! Badan kita ciut lagi, alias otot nyusut!

Saya sudah pengalaman!!!

Malahan skrg tanpa suplement, badan saya lbh bagus n kering,,,

(Melkyu, 7 Maret 2013) Semua pendapat plis di hargai, tp jangan vonis supplement sama dgn steroid yah. Kliatan nya kurang wise aja

(Cen_Chen_wei, 7 Maret 2013) Kalau menurut saya. Suplement itu bukan Steroid. Beda loh Suplement dengan Steroid.

Steroid itu Obat untuk memacu Hormon agar cepat membentuk Otot. Jd Hormon kita di tambain dari steroid. Kalau pake steroid kurang bagus karena setelah stop menggunakan steroid hormon kita tidak dapat berkerja alami lagi dan dapat impoten

Suplement itu pengganti makanan. Misalnya kita harus makan telur 5 butir kan eneg tuh kl makan Amino cukup 1 Tablet. Dan jika kita makan dada ayam protein yg diserap membutuhkan wkt 1-2 jam kalau suplement cukup 5-15 menitm Jd mempermudah kita. Gitu juga dengan Whey. kalo creatine itu untuk menambah tenaga yg biasanya kita tidak bisa dapat agar otor rusak dan di masukin protein. Sehinggal otot dapat terbentuk. Kl untuk creatine tidak harus.

Tetapi makanan utama itu. Makanan kasar itu yang lebih bagus. Misalnya dada ayam, putih telur. Kalo kita bisa makan protein dari ayam tiap hari dan telur. Maka kita tidak perlu suplement. Suplement membantu kalau kita tidak bisa makan dada ayam dan putih telur dalam jumlah banyak.

Kenapa kuli tidak pakai suplement otot bisa terbentuk? Karena setelah mreka kerja angkat beban. Mreka mengisinya dengan tahu tempe dan protein dari makanan kasar tersebut.

(Ifan, 8 Maret 2013) Kudu banyak baca lg agan2 ini, tanyakan dgn apoteker anda… Suplement bukanlah obat, krn suplemen sifatnya membantu bagi yg butuh asupan dari luar. Sementara obat itu digunakan utk mengobati penyakit. Kalo steroid, terserah anda gmn. Siap Mati, pake! Kalo gak, ya jd kuli aj. Wkwkwkwk

Keterangan: Penyantuman email diatas hanya sebagian besar dari topik yang sedang dibicarakan, tidak semua email saya copy di artikel dikarenakan menyimpang dari topik. Pengunaan bold diberikan pada kalimat yang memiliki fungsi penting.

Dari beberapa email dalam milis binaraga.net yang saya cantumkan diatas, bisa disimpulkan beberapa hal antara lain:

  1. Minimnya pengetahuan fitnes terutama definisi, fungsi dan penggunaan suplemen fitnes.
  2. Banyak mitos yang beredar di gym mampu menyesatkan fitnes mania, tidak peduli seorang pemula atau seorang Personal Trainer
  3. Sisi positifnya, dunia binaraga dan fitnes Indonesia akan terus berkembang.

Dari debat diatas akan permasalahan mengenai suplemen fitnes, saya mengangkatnya dalam tulisan ringan ini sekaligus memberikan opini saya mengenai suplemen fitnes. Untuk membatasi permasalahan yang ada, perlu dirumuskan beberapa hal antara lain:

  1. Definisi, fungsi dan penggunaan suplemen fitnes
  2. Membedakan suplemen dan steroid
  3. Untuk menjaga obyektifitas tulisan ringan, semua opini akan saya kutip dari pendapat beberapa tokoh binaraga indonesia dan sebisa mungkin beberapa opini didasarkan pada jurnal ilmiah.

APA ITU SUPLEMEN FITNES?

Berikut Info Suplemen dari Ade Rai, Sumber : http://youtu.be/XkygBnOGZfg

Tentang Steroid, Sumber : http://youtu.be/fKo7MLDLHaY

 

Definis Steroid, Sumber: Wikipedia

Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana jenuh[1] (bahasa Inggris: saturated tetracyclic hydrocarbon : 1,2-cyclopentanoperhydrophenanthrene) dengan 17 atom karbon dan 4 cincin.[2] Senyawa yang termasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. Pada umunya steroid berfungsi sebagai hormon. Steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana. Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin.

Lemak sterol adalah bentuk khusus dari steroid dengan rumus bangun diturunkan dari kolestana dilengkapi gugus hidroksil pada atom C-3[3], banyak ditemukan pada tanaman, hewan dan fungsi. Semua steroid dibuat di dalam sel dengan bahan baku berupa lemak sterol, baik berupa lanosterol pada hewan atau fungsi, maupun berupa sikloartenol pada tumbuhan. Kedua jenis lemak sterol di atas terbuat dari siklisasi squalena dari triterpena.[4] Kolesterol adalah jenis lain lemak sterol yang umum dijumpai.

Beberapa steroid bersifat anabolik, antara lain testosteron, metandienon, nandrolon dekanoat, 4-androstena-3 17-dion. Steroid anabolik dapat mengakibatkan sejumlah efek samping yang berbahaya, seperti menurunkan rasio lipoprotein densitas tinggi, yang berguna bagi jantung, menurunkan rasio lipoprotein densitas rendah, stimulasi tumor prostat, kelainan koagulasi dan gangguan hati, kebotakan, menebalnya rambut, tumbuhnya jerawat dan timbulnya payudara pada pria. Secara fisiologi, steroid anabolik dapat membuat seseorang menjadi agresif.[5]

Untuk Jurnal Ilmiahnya, dapat diambil di : Pure and Applied Chemistry, alamat : Ini

 

Membedakan suplemen dan steroid

Seperti dijelaskan oleh wikipedia, bahwa steroid merupakan OBAT HORMON yang terdapat beberapa jenis steroid dan turunannya. Cara paling mudah membedakan suplemen dan steroid adalah dengan cara mengetahui JENIS-JENIS STEROID dan JENIS-JENIS SUPLEMEN (Info jenis suplemen bisa dibaca dari blog ini ). Bila anda menemukan obat di toko obat atau ditawari obat dengan nama asing, baca terlebih dahulu kandungan yang ada didalamnya. Baca bagian informasi nilai gizi.

 

Sekian dulu dari saya, rasanya diluar ayam telah berkokok tak mungkin lagi bila saya melanjutkan tulisan ini. Bila ada tulisan yang perlu saya update, maka bantulah saya untuk meng-update-nya.

Terima kasih

17 thoughts on “Rekomendasi Suplemen Fitnes

  1. Mas oerdha, saya sedang mencoba menjalankan diet nih ada beberapa pertanyaan yg mungkin bs mas sharing disini .Saya baru beli hdroxy cut elite sebaiknya saya makan sesuai petunjuk di botolnya atau makan sebelum latihan saja ya? Saya lebi banyak melakukan cardio jalan cepat apakah itu efektif mengingat waktu saya untuk ke gym hanya bs saya lakukan sabtu dan minggu saja. Mohon masukannya ya. Thanks

    • Hai Ahmad.
      Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Hydroxycut, penggunaan yang tepat berdasarkan petunjuk tabel. Tapi harus diperhatikan bahwa tabel tersebut ditunjukan untuk orang dengan berat diatas 65kg dan toleransi tiap orang berbeda-beda.
      Sebaiknya mas Ahmad hanya mengkonsumsi 1 butir 30 jam sebelum sarapan dan bila bila tubuh sudah mulai terbiasa bisa ditambahkan satu butir sebelum makan siang.
      Coba Ahmad baca pengalaman saya menggunakan Hydroxycut.
      Cardio terbaik untuk fatlost adalah gerakan di heart burn zone, dimana denyut jantung berada di antara 60-80% dari denyut maksimal. Lalu seperti? Jalan cepat, sepeda dan renang adalah opsi yang bisa dipilih Ahmad.
      Soal ke Gym, kalo kata teman saya adalah soal kebiasaan… Saya pun sebenarnya cukup memiliki jadwal padat (saya memiliki 2 pekerjaan, sebagai banker dan konsultan) tapi karena saya mencintai fitnes maka selalu saja saya bisa mencari waktu sesempit apapun untuk ke gym bilapun terpaksa tidak bisa ke gym ya saya berlatih dengan berat tubuh saya seperti push up dan sejenisnya.
      Kalo ada yang ditanyakan bisa email ke Oerdha@gmail.com Akan saya bantu sebisa saya.

  2. Saya tertawa lihat komen Mirza: “kalo teman2 lihat pekerja bangunan (kuli) teman2 melihat badan mereka kering dan berotot”,😀.
    Saya sering mengamati badan kuli2 dan saya akui banyak mereka yang memiliki badan bagus dan saya bilang ke istri saya pingin seperti mereka.

  3. cara pakai fitness suplemen harus ada jedda berhenti atau boleh terus menerus ya mas? maksud saya jika saya memakai whey terus selama setahun apakah itu aman? terima kasih

    • Whey itu diverifikasi dari susu sapi yang menghilangkan efek negatif dari eneg-nya susu sapi.. Nah karena berasal dari susu sapi, bisa disimpulkan sendiri apakah aman minum susu sapi itu terus menerus atau atau justru di beri jedah…
      Khusus untuk carnivore dan sejenisnya ada pengucualian, suplemen ini bukan termasuk whey melainkan daging sapi yang di filtrasi menjadi bubuk lalu diminum… so justifikasi saja sendiri apakah tubuh kita diciptakan untuk “meminum” daging sapi hehehehe.

      Untuk BCAA, Creatine dan Glutamine sejatinya asam amino yang dapat diperoleh dari real food seperti daging. Nah silahkan dinilai bila tubuh kita membutuhkan asam amino terus menerus tentu lalu apakah harus dijedda pemakaian suplemennya?

      Itu aja dulu…

      • Hai bro…
        Kalo umur itu biasanya menjadi patokan untuk suplemen yang berhubungan dengan hormon seperti Testosteron, Hg atau Sleep Aid dan juga bisa non suplemen seperti Pro hormon (Steroid yang belum diakui steroid) bahkan streoid itu sendiri.

        Sedangkan Gainer secara pribadi saya menggunakan patokan adalah kondisi tubuh yaitu seseorang yang kurus karena memiliki metabolisme tinggi, sepertinya contoh tinggi 170 tapi berat badan di bawah 55 kg namun tidak ada masalah dengan makanan (makan normal 4x dalam sehari). Seseorang seperti baru saya sarankan gainer sebagai sumber kalori.

        Entah bagaimana kondisi anda saat ini, tapi jawaban dari pertanyaan anda kalo umur 16 tahun konsumsi gainer ya gak ada masalah tapi kalo metabolisme anda stabil atau cenderung lambat ya sebaiknya jangan konsumsi.

    • Kalo 178 cm dengan 61 kg, sebaiknya gak usah pake gainer..

      Metabolisme lambat itu contohnya makan sekali dalam sehari tapi tetap aja gemuk, biasanya dialami orang yang obesitas dan kurang olahraga.
      Sedangkan metabolisme cepat itu contohnya atlet atau pekerja kasar. Pernah lihat pekerja kasar kalo makan?

  4. Hi.. Im newbie di dunia fitness. Sy cewek dan mau naikin masa otot, kemarin sy beli susu whey protein VP2 seharga 700 rb dr PT. Ketika susu diberikan, anehnya isinya hanya setengahnya. Apa memang benar, isi dari botol sebesar itu, hanya setengahnya saja?. Thanks before

  5. hello langsung aja ya, aku mau nanya kalo putih telur campur creatine dan susu dancow, terus di blender, apakah itu bagus dan aman untuk dkonsumsi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s