Berlatih dengan TRX

3 Minggu yang lalu tiba-tiba rasa bosan ke gym memuncak kemungkinan besar karena rasa lelah, padahal kondisi tubuh dalam program fatloss sehingga mau gak mau harus mencari variasi latihan sejenis cardio agar program fatloss tidak kehilangan arah. Sempat latihan dengan body weight dan shadow boxing tapi karena sudah terbiasa mengangkat beban sehingga walaupun badan penuh keringat tapi tetap aja ada “rasa” yang mengganjal… kesannya BELUM PUAS. Untuk memuaskan hasrat ini, searchinglah saya di youtube mengenai latihan yang dimaksud dan menemukan dua jenis latihan yang menurut saya cocok menjadi solusi yaitu latihan dengan menggunakan kettlebell dan TRX.

Singkat cerita, Kettlebell dan TRX sudah berada dditangan dan siap untuk dicoba. Percobaan pertama, kettlebell bikin tubuh berkeringat sebiji jagung walau AC sudah di setel di posisi 18C  dan workout yang seharusnya di setting 30 menit molor menjadi 60 menit wkwkwk…. namun antiklimaks dari workout menggunakan kettlebell adalah workout menggunakan TRX, niat hati ingin latiah mode fleksibilitas dan core eh malahan gak terasa apa-apa.

Pada percobaan pertama tersebut, saya menyimpulkan bahwa untuk latihan TRX membutuhkan tempat yang seluas minimal 5X5m atau lebih, kurang dari luas minimal tersebut latihan menggunakan TRX tidak maksimal. Sebenarnya, TRX yang saya beli sudah mempunyai fitur Door Anchor yang fungsi untuk digantungkan di pintu sehingga TRX dapat digunakan di kamar tidur namun kenyataanya fitur ini tidak berlaku bila luas dan isi kamar terlalu sempit.

Untuk penjelasan apa itu TRX atau Kettlebell tunggu postingan saya lagi.. tunggu saja

Dan saat menulis posting ini saya baru sadar ternyata di rumah koleksi untuk alat-alat workout makin bertambah banyak apalagi kemarin baru ditawarkan dumbel bekas fitness first. Sepertinya bisa salah satu ruangan di rumah KPR saya bisa dijadikan gym room hehe…

Tinggalkan Balasan

