Menuju Body Transformasi

Saat mem-posting saatnya diet (lagi)  pada bulan Agustus 2012, kondisi saya adalah Tinggi 170 dengan berat badan 70 kg dan Body Fat 21.7% alias Obesitas. Melihat kondisi yang sedikit memprihatinkan tersebut timbul niatan untuk melakukan diet (lebih lengkapnya silahkan dibaca sendiri). Masih ingat dalam pikiran saya, pada bulan November 2012,  sehabis mandi malam, iseng-iseng saja saya mencoba mencari tahu apakah ada perubahan pada kondisi saya dan hasilnya? Tinggi 170 Kg dengan berat badan 72 KG dan BODY FAT 22%. SHOCK? itu pasti, karena dalam kurun waktu Agustus sampai dengan November atau 3 bulan berjalan maka perubahan yang ada pada diri saya adalah KENAIKAN BERAT BADAN 2 KG dan KENAIKAN BODY FAT 0.3 % .

Niatan hati, ingin Cutting malah jadi Bulking… (INI SEKEDAR PEMBENARAN). Melihat kondisi tubuh yang seperti itu maka harapan saya tentang LMEN 2013 pupus sudah. Sepengetahuan saya syarat mengikuti Lmen adalah Body Fat di kisaran 17 % (mohon koreksi) sedangkan saya masih bertengger di poin 22%.

Keadaan telah memaksa saya melakukan AKSI sehingga…

Berat Badan : 72 Kg, Body Fat : 22 % AWAL MULANYA

Kali ini saya benar-benar melakukan dengan serius, menggunakan semua ilmu yang telah saya peroleh selama ini dan ucapan Basmalah saya memulai BODY TRANSFORMASI.

Body Transformasi kali ini saya bagi menjadi 3 fase dan saat saya mem-posting artikel ini, saya telah memasuki fase ke-3.

Fase 1

Tujuan: Membiasakan hidup sehat.

Pada fase ini, saya mulai meningalkan makanan yang digoreng, tidak menyentuh santan, tidak memakan karbohidrat sederhana alias nasi putih, roti tawar putih. Namun, pada fase ini saya masih meminum kopi kream dan masih memasukan gula dalam menu makanan sehari-hari. Untuk latihan masih belum ada perubahan.

Target: Membiasakan lidah dan tubuh terhadap makanan sehat

Lama: Desember sampai dengan Maret akhir (4 bulan)

Hasil : 31 Maret 2013, Berat Badan 72 Kg dan Body Fat 22%

 

Fase 2

Tujuan: Memaksa tubuh tidak mengkonsumi karbohidrat apapun kecuali dari sayuran.

Target: Menurunkan berat badan Body Fat

Lama: 1 April 2013 sampai dengan 7 April 2013 (1 Minggu)

Pada fase ini, saya membuat shock tubuh dengan menu makan low carbo. Tujuannya agar tubuh mulai menggunakan timbunan lemak sebagai ganti karbohidrat yang saya hilangkan. Untuk latihannya di gym sendiri saya melakukan dengan Hardcore.. namun dengan waktu yang singkat karena kurangnya energi. Untuk mengantisipasinya saya harus menggunakan suplemen pre-workout 1.MR dari BPI sport rasa stroberinnya nendang banget. Untuk whey saya menggunakanmutant whey dari Mutant.

Efek samping: Lemas, karena karbohidrat merupakan sumber energi.

Hasil: Berat Badan : 65 Kg dan Body Fat 19%

 

Fase 3

Tujuan: Cutting

Target: Memotong lemak pada perut sehingga perut sixpack. untuk Body Fat diturunkan menjadi 17 %

Lama: 12 Minggu, Dimulai tanggal 6 Mei 2013

Pada fase ini, dunia bodybuilder mengenalnya dengan sebutan CUTTING atau bila dibarengi dengan penambahan massa otot maka sebutannya LEAN BULKING. Untuk kasus saya, Body Fat harus diturunkan dari 19 % menjadi 17 % namun massa otot harus digenjot sehingga berat badan yang di titik 65 kg harus dinaikan menjadi 67 kg maka penyebutan yang tepat untuk saya adalah lean bulking.

Untuk latihan saya menggunakan prinsip Kris Gethin.

Dan inilah saat yang tepat menggunakan tambahan nutrisi yang kita namakan SUPLEMEN. Saya beruntung saat memulai fase ke-3 ini saya mengenal bro Ardy dari Dymatize Indonesia sehingga kebutuhan suplemen saya tercukupi. untuk dosis dan penggunan suplemen yang saya gunakan silahkan di waktu dan dosis penggunaan suplemen

Inilah saat dimana tidak ada hari curang atau tindakan setengah-setengah. Komitmen harus ditetapkan.

Hasil: per tanggal 20 Mei 2013, Berat Badan 64 Kg dan Body Fat 18.8%.

 

Untuk foto hasil, jujur saja saya orangnya pemalu hehehe… tapi setelah sukses akan saya postingkan foto keberhasilan saya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s